Angkasa Pura 2

Program Mudik Motor Gratis Kurang Diminati Masyarakat

KoridorSelasa, 13 Agustus 2013
mangindaan

JAKARTA (beritatrans.com) — Menteri Perhubungan Evert Erenst Mangindaan menilai masyarakat kurang berminat mengikuti program mudik gratis menggunakan sepeda terkesan kurang diminati, sehingga fasilitas yang disediakan di kereta api tak termanfaatkan.

“Program mudik gratis untuk pemudik sepeda motor belum signifikan. Padahal, kapasitas kereta api disediakan untuk 6.000 motor dengan 120 gerbong,” kata E.E. Mangindaan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (12/8/2013) malam.

Data yang dihimpun Kemenhub menyebutkan, jumlah sepeda motor yang diangkut kereta api pada arus mudik lintas utara atau rute Jakarta Gudang – Semarang Poncol pada tanggal 3 – 6 Agustus 2013 adalah sebanyak 69 unit motor.

Sementara jumlah sepeda motor yang diangkut kereta api untuk arus lintas selatan atau rute Jakarta Gudang – Solo Jebres sebanyak 127 unit sepeda motor.

Menurut Menhub Mangindaan, agar ke depan minat pemudik bisa lebih banyak, supaya penumpang dan motor dapat diangkut secara cuma-cuma.

Minat yang cukup besar, ujarnya, terlihat pada moda transportasi laut, yaitu kapal laut dari Tanjung Priok Jakarta menuju Tanjung Emas Semarang.

“Untuk sektor angkutan laut, telah dioperasikan kapal KM. Dobonsolo dan KRI Banda Aceh untuk trip arus mudik dan balik,” katanya.

Sementara jumlah pemudik dan kendaraanya yang telah diangkut untuk periode arus mudik sejak keberangkatan perdana tanggal 3 – 6 Agustus 2013 tercatat sebanyak 4.707 penumpang dan 2.800 unit sepeda motor.

Sementara untuk moda angkutan darat, program mudik gratis sepeda motor yang diangkut oleh truk tercatat sebanyak 1.263 unit sepeda motor dan 2.728 penumpang.

Selain itu, kerjasama dengan ATPM (Agen Tunggal Pemilik Merek) dealer-dealer sepeda motor dan mitra kerja swasta lainnya sebanyak 20 perusahaan dengan jumlah keseluruhan pemudik sebanyak 36.594 penumpang dan bus yang diberangkatkan berjumlah 2.323 bus.

“Itu pun belum signifikan karena pemudik yang akan pulang berkisar 600.000-an melewati Jakarta dan arahnya ke Lampung, Jawa Tengah, dan Jawa Timur,” kata Menhub.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kemenhub Hanggoro Budi Wiryawan mengatakan, minimnya peminat mudik gratis angkutan sepeda motor dengan kereta api antara lain karena para pemudik berharap agar baik biaya tiket untuk penumpang maupun sepeda motornya dapat gratis atau tanpa biaya sama sekali. (machda)

 

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari