Angkasa Pura 2

Bandara Adi Sutjipto Sepi H+6 Arus Balik

BandaraKamis, 15 Agustus 2013
bandara-adi-sucipto

YOGYAKARTA  (beritatrans.com) – Tidak seperti hari-hari sebelumnya yang selalu dipadati penumpang arus balik, Rabu (14/8/2013) atau H+6 lebaran Bandara Adi Sutjipto sepi.

“Jumlah penumpang pada H+6 lebaran sudah sangat berkurang lebih separuh  dari puncak arus balik pada H+3, Minggu (11/8/2013) yang mencapai 18.000 orang,” jelas Manager Personalia dan Umum PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Cahyadi, Rabu (14/8/2013).

Dia menambahkan, pada penerbangan pagi pukul 06.00 WIB jurusan Yogyakata-Jakarta, ketiga mesin pemindai menuju ruang tunggu keberangkatan sempat dibuka semua untuk mempercepat proses pemeriksaan karena banyaknya penumpang.

Mengingat sepinya penumpang arus balik, katanya, pada penerbangan berikutnya berangsur-angsur ditutup dan hingga pukul 20.00 WIB hanya satu mesin pemindai yang dibuka.

“Volume penumpang berangsur-angsur berkurang, dan hingga plus enam Lebaran mulai normal, yakni 40 penerbangan dan 250 penumpang per hari,” kata dia.

Sebelumnya, hingga H+3 Lebaran, jumlah penumpang yang diberangkatkan dari Bandara Adi Sutjipto mencapai 400 orang dalam 45 penerbangan per hari.

Menurut Cahyadi, sekitar 60 persen merupakan penumpang pesawat Yogyakarta-Jakarta. Selebihnya merupakan penumpang yang akan menuju Denpasar, Surabaya, Balikpapan dan Banjarmasin.

“Pada H+6 ini, sejak penerbangan pagi tadi, relatif lancar dan tidak ada penerbangan yang ‘delay’ atau ditunda,” tambahnya. (machda)

 

 

loading...