Angkasa Pura 2

Enam Kapal Ikan di Muara Baru Terbakar

DermagaJumat, 16 Agustus 2013
kapalnelayanterbakar

JAKARTA¬† (beritatrans.com) — Sedikitnya enam kapal penangkap ikan ludes dilalap si jado merah, Kamis (15/8/2013) malam menjelang dini. Saat ini api sudah berhasil dipadamkan karena sejumlah petugas pemadam kebakaran siap siaga sejak semalam hingga Jumat (16/8/2013) pagi tadi.

Api sudah mulai dapat dipadamkan. Saat ini sedang pendinginan di lokasi. Penanganan kebakaran melibatkan tak kurang dari 15 mobil pemadam kebakaran.

“Kapal ikan, ada 6 kapal. Jadi ini semua kapal perbaikan yang belum siap operasional,” kata Kapolsek Pelabuhan Muara Baru, AKP Kiarta di lokasi kebakaran, Jumat (16/8/2013).

Diduga, bahan bakar dari kapal juga membuat api cepat membesar sekaligus sulit dipadamkan. Kebakaran yang menimpa kapal-kapal ini pertama kali diketahui sekitar pukul 21.30 WIB, Kamis (15/8/2013).

Bahan bakar kapal serta jauhnya lokasi sandar sejumlah kapal nelayan yang terbakar di Dermaga Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, membuat petugas sulit menjinakkan api di lokasi kejadian.

“Memang lokasi jangkauannya jauh dan susah,” kata Mudasir, Komandan Peleton Sudin Damkar Jakarta Utara, di lokasi kejadian, Jumat dini hari. Upaya pemadaman dilakukan dengan menyambung selang air yang dipompa mobil penyedot di ujung pelabuhan. Mobil pemadam kebakaran tak bisa mendekati lokasi kapal yang terbakar.

Deretan kapal yang terbakar tersandar sekitar 150 meter dari ujung pelabuhan. Lebar jalan masuk menuju lokasi sandar kapal pun hanya bisa dilintasi kendaraan roda dua. “Jadi kami pakai mobil penyedot yang mengambil langsung air dari laut. Total ada 15 unit yang ke sini,” ujar Mudasir.

Selain itu, upaya pemadaman juga dilakukan menggunakan perahu khusus pemadam dari Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) Pelabuhan Muara Baru. Menurut seorang petugas KPLP Pelabuhan Muara Baru, api membakar enam kapal. “Satu yang paling parah kebakar karena banyak solarnya,” ujarnya. (machda)

 

 

loading...