Angkasa Pura 2

Korban Kapal Tenggelam di Jepara Sudah 14 Orang

DermagaSaturday, 17 August 2013

EMARANG (beritatrans.com) – Jumlah korban KM Jhonson yang tenggelam di Pulau Panjang Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Kamis, 15 Agustus 2013, bertambah menjadi 14 orang. Basarnas pada Jumat, 16 Agustus 2013 kembali menemukan dua korban tewas, tidak jauh dari lokasi terjadinya kapal tenggelam.

Koordinator Pos SAR Jepara, Agung Hari Prabowo, mengatakan, dua korban yang baru ditemukan adalah Junrotun (46), warga Karanganyar, Demak, dan Afan Pratama (7), warga Desa Mayong, Jepara.

“Korban ditemukan sekira 50 meter dari TKP di sekitar Pulau Panjang. Ada yang tersangkut di karang dan bambu-bambu,” kata ujar Agung kepada Jumat (16/8/2013).

Korban dievakuasi ke RSUD Kartini, Jepara, untuk diidentifikasi. “Sebagian jenazah sudah dibawa oleh anggota keluarga, namun sebagian yang belum teridentifikasi masih di rumah sakit tersebut,” katanya.

Dia menambahkan, tim SAR hari ini, Sabtu (17/8/2013), pukul 07.00 WIB kembali akan melanjutkan pencarian korban.

Tenggelamnya KM Jhonson berawal saat kapal yang berkapasitas 20 orang itu membawa penumpang dari Pulau Panjang menuju Pantai Kartini Jepara setelah mengikuti tradisi Syawalan dengan melarung sesaji kepala kerbau di tengah laut. Diduga kapal tersebut memuat penumpang melebihi kapasitasnya. Tidak ada data pasti, tetapi diperkirakan mengangkut sekitar 40 orang.

Di Pulau Panjang saat ini dibuka posko aduan. Bagi keluarga yang kehilangan anggota keluarganya bisa mengadu ke posko tersebut. Jika ada aduan mengenai orang yang belum ditemukan, maka SAR akan melakukan upaya pencarian. (aliy)