Angkasa Pura 2

Persinyalan Double Track Rampung Tahun Depan

EmplasemenSenin, 19 Agustus 2013
Jalur Ganda Serpong

JAKARTA (beritatrans.com) – Persinyalan jalur kereta ganda (double track) Cirebon-Surabaya ditargetkan akan rampung tahun 2014 mendatang. Meskipun demikian, operasional jalur ganda bisa dilakukan dengan sistem manual. Pemerintah sendiri memasang target hingga akhir tahun 2013 ini jalur ganda tersebut selesai.

Komunikasi Perusahaan PT LEN, Boby Sumarsono mengatakan, perusahaannya mendapat tender persinyalan jalur ganda Cirebon hingga Pekalongan dengan total 56 stasiun.

“Sistem sinyal yang ditenderkan itu adalah interlocking dan central train control. Total keseluruhan proyek ini sebesar Rp1,8 triliun,” kata Boby di Jakarta, Senin (19/08/2013).

Menurut Boby, tahun lalu perusahaannya memenangkan tender untuk jalur Cirebon-Semarang dan Semarang-Bojonegoro. Sedangkan untuk Bojonegoro-Surabaya tendernya baru diumumkan awal tahun ini. Dijadwalkan, persinyalan Bojonegoro-Surabaya baru terpasang sebelum Juni 2014.

Sebelum bisa mengerjakan persinyalan, terlebih dahulu PT LEN melakukan studi yang dilakukan dalam waktu satu tahun.

Hingga saat ini, dari 56 stasiun yang harus digarap persinyalannya oleh PT LEN, baru enam yang sudah selesai sepenuhnya. Sedangkan sisanya dikerjakan secara paralel.

Dari total 50 stasiun dari Cirebon-Surabaya, yang belum terpasang sistem persinyalannya ada sekitar 30 persen. Namun, Boby memastikan hal ini tidak akan mengganggu operasi kereta.

“Double track ada sistem mekanik, sehingga bisa dioperasikan secara manual dan tidak akan mengganggu operasi kereta,” katanya. (aliy)

← Artikel Sebelumnya