Angkasa Pura 2

September Astra-Toyota Luncurkan Agya

OtomotifSelasa, 20 Agustus 2013
Toyota-Agya-IIMS-2012

JAKARTA (beritatrans.com) – Dua industri mobil serumpun, Astra dan Toyota yang selama ini dikenal sebagai industri otomotif murah ramah lingkungan sebentar lagi akan segera merilis mobil produk terbarunya, yang diberi nama Agya.

Rencananya, Agya akan diluncurkan September ini. Keduanya sudah selangkah di depan bila dibandingkan dengan pabrikan lain yang juga ikut dalam kebijakan tersebut. Saat ini tengah menunggu kelanjutan dari penyelesaian peraturan pemerintah terkait LCGC.

“Semoga September bisa jualan, harganya mengikuti peraturan, Rp95 juta untuk Jakarta belum termasuk teknologi, safety, dan belum termasuk ongkos kirim di luar Jakarta,” kata Johnny Darmawan, Presiden Direktur TAM di Jakarta, Senin (19/8/2013).

Jualan di bulan September, yang menjadi tolak ukurnya adalah saat gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 mulai bergulir. Bila benar, maka setahun penuh umur Agya diproduksi tanpa pernah mendapatkan izin untuk dijual, debutnya dilakukan di IIMS 2012 lalu.

Terombang-ambing polemik kebijakan LCGC, Toyota bersama Daihatsu harus segera mulai menjual Agya dan Ayla sebelum permasalahan yang timbul akibat tersendatnya waktu penjualan semakin menumpuk dan tidak jelas.

Menurut Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Sudirman MR, jika juknisnya telah selesai dan tinggal diumumkan oleh Pemerintah, baru dua mobil murah milik Astra yaitu Agya dan Ayla bisa diluncurkan.

“Jadi kita tinggal menunggu verifikasi saja, pertama setelah kita masukan akan ada penetapan bahwa ADM bisa mengikuti multi syarat, dan kita sudah mengajukan semuanya dan tinggal tunggu saja,” papar Sudirman MR di Gedung Head Office PT Astra International Tbk, Sunter, Jakarta Utara. (machda)

loading...