Angkasa Pura 2

Pelindo Palembang Tambah Alat Bongkar Muat

DermagaSabtu, 24 Agustus 2013
alat bongkar

PALEMBANG (beritatrans.com) — PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II Cabang Palembang Agustus 2013 ini menambah satu alat bongkar muat petikemas (Container Crane) untuk meningkatkan pelayanan di dermaga petikemas pelabuhan Boom Baru.

“Container crane baru tersebut sudah mulai diuji coba dan direncanakan dalam waktu dekat dilakukan acara peresmian operasionalnya,” kata Advisor Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan PT Pelindo II Palembang, Duskisyah, di Palembang, Jumat (23/8/8/2013).

Dia menambahkan, peralatan bongkar muat baru tersebut memiliki kemampuan secara maksimal karena bisa mengangkut dua peti kemas sekali jalan dengan kapasitas angkut 60 ton.

Sebelumnya pada tahun 2011, PT Pelindo II Cabang Palembang juga menambah sembilan alat bongkar muat baru.

“Sembilan alat bongkar muat baru yang didatangkan dari China itu, berupa satu unit “Container Crane” dan empat unit “Rail Mounted Gantry Crane (RMGC)”, untuk menunjang kegiatan bongkar muat di dermaga peti kemas,” jelasnya.

Selain itu, kata Duskiyah, ada enambahan empat unit “jeb crane” untuk memaksimalkan pelayanan bongkar muat barang di dermaga konvensional.

Menurutnya, sekarang ini jumlah kapal yang melakukan bongkar muat di pelabuhan Boom Baru rata-rata setiap bulannya mencapai 100 unit kapal, dan pada bulan-bulan tertentu seperti selama bulan Ramadhan hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri 1434 Hijriah/2013 baru-baru ini bisa mencapai 150 kapal.

Melihat jumlah kapal yang melakukan bongkar muat di pelabuhan ini menunjukan tren peningkatan, pihaknya perlu melakukan berbagai persiapan menghadapi peningkatan kunjungan kapal dan kegiatan bongkar muat barang dengan menambah peralatan serta meningkatkan sistem pelayanan. (machda)