Angkasa Pura 2

Penumpang Sky Aviation Terbang Kembali ke Natuna

KokpitSelasa, 27 Agustus 2013
sky aviation

BATAM  (beritatrans.com) – Sebanyak 85 penumpang maskapai penerbangan Sky Aviation dari Batam batal terbang ke Natuna akibat cuaca buruk, Senin (26/8/2013). Para penumpang tersebut Selasa (27/8/2013) pagi ini dipastikan akan diterbangkan kembali kalau cuacanya memungkinkan.

Pesawat Sky Airlines tujuan Batam-Natuna yang semestinya terbang pukul 10.30 WIB terpaksa kembali ke pangkalan (return to base) Bandara Hang Nadim Batam karena cuaca buruk di Natuna.

District Manager Sky Aviation Batam, Michael R Prins di Batam mengungkapkan, pesawat sempat berputar beberapa kali di Bandara Ranai sebelum pilot memutuskan batal mendarat dan kembali ke Batam. Keputusan tidak mendarat di Bandara Ranai, kata dia, semata-mata demi keselamatan penumpang.

Maskapai Penerbangan Sky Aviation menyiapkan akomodasi dan transportasi untuk 85 orang penumpang pesawat tujuan Bandara Ranai Natuna yang batal mendarat di Natuna dan kembali ke Batam akibat cuaca buruk.

Ia mengatakan 85 orang penumpang akan kembali diterbangkan ke Natuna, Selasa (27/8) pagi. Dan bila cuaca baik, diharapkan dapat mendarat dengan selamat di ujung utara Indonesia itu.

Kini seluruh penumpang sudah diantar pihak Sky Aviation ke hotel dan kembali akan dijemput ke Bandara Hang Nadim Batam untuk diterbangkan ke Natuna.

Sebenarnya, kata dia, peraturan pemerintah tidak mewajibkan pihak maskapai untuk memberikan fasilitas penginapan dan transportasi kepada penumpang yang batal sampai tempat tujuan akibat faktor cuaca. Namun, Sky Aviation beritikad baik memberikan pelayanan kepada seluruh penumpang.

Dikonfirmasi mengenai kondisi pesawat, ia memastikan pesawat siap terbang dan tidak ada kendala teknis. “Pesawat tidak masalah, ini murni karena faktor cuaca,” kata dia. (machda)