Angkasa Pura 2

Beroperasi Awal September, Kereta Dari Korsel Datang

EmplasemenKamis, 29 Agustus 2013
_kualanamukorsel

MEDAN (beritatrans.com) – Armada kereta api yang melayani penumpang ke Bandara Kualanamu, Medan makin tambah ramai saja. Sebab, mulai bulan depan, rangkaian baru Kereta api buatan Woojin Industrial System Co Ltd Korea Selatan yang dipesan sudah tiba di Pelabuhan Belawan.

Gerbong kereta api yang disebutkan seberat 345 ton itu direncanakan dibongkar Kamis (29/8/2013).

Manager CRS PT Railink Medan, Arliandy Margolang ketika dihubungi melalui telepon selularnya mengaku tidak bisa memastikan apakah pembongkaran kereta api buatan Korea itu dilakukan Kamis (29/8/2013).

Informasi yang diterima dari Pelindo I Belawan, Rabu (28/8/2013) malam, menyebutkan kapal pembawa kereta api itu MV Dong Xiang berbendera Hong Kong, sudah sandar di Dermaga 105 Pelabuhan Ujung Baru Belawan.

“Saya belum dapat informasi pasti. Tetapi diharapkan memang bisa secepatnya agar operasional kereta baru itu tepat rencana yakni September,” katanya.

Setelah dua set kereta masuk, menurut dia, akan masuk lagi dua set kereta lainnya pada September. “Empat set kereta api Woojin, Korsel, itu akan semakin meningkatkan pelayanan kepada penumpang,” katanya.

 

Waktu Promo Habis

Seiring dengan hal itu PT. Railink memastikan tidak memperpanjang waktu pemberlakuan harga tiket murah kereta api dari Stasiun Medan ke Bandara Kualanamu yang sebesar Rp60.000 per tiket sejak 11 Agustus 2013.

“Pemberlakuan tiket murah dalam rangka peringatan HUT RI tahun ini yang dimulai 11 Agustus akan berakhir tanggal 31 Agustus seperti rencana awal,” kata CSR Manager PT Railink Medan, Arliandy Margolang di Medan, hari ini.

Menurut dia kemungkinan besar tidak akan ada perpanjangan waktu harga murah atau kembali ke tarif normal Rp80.000 per tiket.

Dia mengatakan harga sebesar Rp80.000 per tiket itu dinilai pantas karena pembangunan dan operasional kereta itu tidak mendapat subsidi.

Menurut dia penggunaan transportasi kereta api cenderung bertambah atau sudah sekitar 60 persen dari kapasitas tempat duduk yang dijual.

Diperkirakan, jumlah penumpang akan bertambah sejalan dengan akan dioperasikannya kereta api baru buatan Korea pada September mendatang. “Railink terus meningkatkan pelayanan agar minat penumpang menggunakan transportasi kereta zpi itu terus meningkat,” katanya.(machda)

 

 

loading...