Angkasa Pura 2

Flyover Summarecon Dioperasikan, Jl Perjuangan Bekasi Mesti Ditutup

EmplasemenSelasa, 3 September 2013
map flyover

JAKARTA (beritatrans.com) – Kementerian Perhubungan mendesak Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi, Jawa Barat, untuk menutup Jalan Perjuangan, di perlintasan sebidang dengan jalur kereta api (KA). Arus lalu lintas dialihkan lewat jalan layang (flyover) Summarecon.

Direktur Prasarana Perkeretaapian Ditjen Perkeretaapian Arief Heryanto menegaskan penutupan jalan tersebut merupakan salah satu syarat diberikannya izin pembangunan jalan flyover Summarecon, yang berada di atas jalur KA.

“Izin itu diajukan pengembang Summarecon bersama Pemkot Bekasi kepada Kementerian Perhubungan, melalui Ditjen Perkeretaapian. Melalui aspek pengkajian, Bapak Dirjen memberikan izin dengan syarat perlintasan sebidang KA dengan Jalan Perjuangan ditutup untuk lalu lintas kendaraan,” ungkapnya kepada beritatrans.com, Selasa (3/9/2013).

Hanya saja, dia mengemukakan sejauh ini pihak pemkot tak kunjung menutup jalan tersebut. Karenanya, Walikota Bekasi diingatkan untuk segera menutup perlintasan sebidang tersebut.

Penutupan, Arief mengingatkan juga mesti dipandang sebagai upaya menjunjung keselamatan. Perlintasan sebidang memiliki potensi terjadi konflik antara kereta dengan kendaraan lain. “Jadi ini berbasis pula kepada keselamatan pengguna jalan. Kalaupun jalan itu ditutup, pengguna kendaraan bisa memakai jalan lain yang tidak memiliki potensi konflik dengan kereta api,” tuturnya.

Untuk penutupan tersebut, Arief Heryanto menyarankan agar Pemkot Bekasi menggelar sosialisasi berkelanjutan kepada pengguna jalan, terutama pemilik dan awak angkutan umum yang melintasi jalan tersebut.

Kalau pihak pengembang Summarecon Agung tidak mau wilayahnya dilewati angkutan umum? Tanya beritatrans.com. Arief menjawab: “Ya harus mau karena itu merupakan bagian dari perizinan pembangunan flyover menuju kawasan perumahan dan kompleks bisnis yang dibangun mereka”. (aw).

loading...