Angkasa Pura 2

Jelang Islamic Solidarity Games, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Perluas Ruangan Kedatangan

BandaraRabu, 4 September 2013
Bendera Negara Peserta ISG2

PALEMBANG (beritatrans.com) – Menjelang perhelatan Islamic Solidarity Games (ISG) ke III yang digelar pada 22 September – 1 Oktober mendatang, PT Angkaa Pura II Cabang Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang memperluas ruang kedatangan penumpang. Perluasan tersebut untuk menyambut para peserta ISG yang berasal dari 57 negara.

Kadiv Operasional PT Angkasa Pura II Bandara SMB II Palembang, Syamsudin mengatakan, untuk menyambut para tamu ISG 3, SMB II memperluas ruangan kedatangan penumpang luar negeri, mengingat kedatangan peserta ISG 3 mencapai ribuan orang.

“Jadi, saat ini kita memperbaiki fasilitasi ruangan kedatangan yang agak luas. Pengerjaan pembangunan bandara dan perluasan ruang kedatangan penumpang internasional tersebut sudah dilakukan. Perluasan tersebut sekitar 300 meter persegi,” katanya di Palembang, Rabu (4/9/2013).

Ia juga menjelaskan, saat ini penambahan luas ruangan sudah dikerjakan. Tinggal buka temboknya saja yang tidak akan memakan waktu yang lama.

“Diharapkan dalam kurun waktu kurang dari 10 hari sudah selesai. Jadi masih ada waktu untuk kita melakukan persiapan lainnya,” ungkapnya.

Fasilitas lainnya yang diberikan pihak bandara untuk negara peserta ISG 3, yakni disediakannya tenda di titik-titik tertentu yang tentunya akan dipandu oleh tim petugas bandara sejak turun dari pesawat, hingga dipertemukan dengan Liaison Officer (LO) yang telah disiapkan oleh panitia daerah.

“Memang antara tamu ISG dan penumpang biasa tidak dipisahkan ruangan kedatangannya karena jalur itulah yang akan dipakai. Tapi khusus negara peserta, kita sudah ada tim yang akan membantu mempertemukan dengan LO nya dan yang pasti kita akan buat tenda dibeberapa titik agar tamu tidak terpencar,” bebernya.

Ia juga memprediksikan, bukan hanya atlet dan ofisial yang akan hadir, melainkan raja-raja dari negara-negara Islam pun juga akan hadir dalam perhelatan even olahraga yang memeprtandingkan 13 cabang olahraga itu. Kepala negara-negara Islam yang terkenal dengan kekayaan dan hidup mewahnya dikabarkan akan membawa pesawat pribadi yang akan langsung mendarat di bandara SMB II.

“Ini lah sudah kita antisipasi dengan berbagai cara yakni tadi menambah luas ruangan kedatangan, dan membangun beberapa titik tenda di dalam maupun diluar bandara, selain itu juga kita persiapkan kebutuhan lainnya seperti, perapian sekitar bandara itu sendiri,” ujarnya.

Syamsudin belum bisa menerangkan berapa pesawat pribadi yang akan dibawa oleh negara peserta karena hingga saat ini belum ada jadwal kedatangan dan konfirmasi mengenai pesawat pribadi yang akan direncanakan ada.

“Soal pesawat yang datang, masih terus dibahas di rapat koordinasi dengan panitia. Kalau di SMB II sendiri, kapasitas parkir kita seperti pesawat Lion, Garuda, Sriwijaya Air, dan lainnya, kita bisa tampung 9 sampai dengan 10 pesawat, itupun jaraknya berdekatan karena normalnya 8 pesawat,” ungkapnya.

Jika negara peserta banyak yang membawa pesawat pribadi, inilah yang sangat ditakutkan oleh pihak bandara karena segalanya mungkin terjadi, mengingat yang datang adalah negara-negara kaya dan berkelas yang tentunya ingin dilayani dengan baik.

“Untuk itulah dari sekarang kita godok, kita coba matangkan untuk antisipasi itu. Tapi tetap kita akan mempersiapkannya dengan meletakan pesawat di parkir sebelum landasan pacu,” pungkasnya. (aliy)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari