Angkasa Pura 2

Dirjen Hubla: Puluhan Kapal Tak Bisa Berlayar Karena Cuaca Buruk

DermagaSabtu, 7 September 2013
bobby2-edit

JAKARTA (beritatrans.com) – Dirjen Perhubungan Laut (Hubla) Capt. Bobby R Mamahit memuji syahbandar di sejumlah pelabuhan, yang menahan pemberikan surat izin berlayar (SIB) kepada puluhan kapal. Keselamatan pelayaran mesti dijunjung tinggi apapun risikonya.

“Kami setiap minggu secara rutin menerbitkan maklumat pelayaran (mapel). Maklumat itu juga menyertakan hasil pemantauan cuaca Badan Meteorologi dan Klimatologi (BMKG). Kawasan perairan mana saja yang cuacanya buruk, ombaknya tinggi, dan membahayakan pelayaran, maka syahbandar diperintahkan untuk tidak menerbitkan SIB bagi kapal yang memiliki rute melewati kawasan perairan tersebut,” tegas Bobby kepada beritatrans.com, Sabtu (7/9/2013) pagi.

Karena itu, dia memuji syahbandar yang mematuhi perintah tersebut. Sejauh ini, perintah tersebut memang berisiko puluhan kapal tidak bisa berlayar di antaranya di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Pelabuhan Soekarno – Hatta, Makassar, dan Pelabuhan Yos Sudarso, Ambon.

Arus mobilitas komoditas dan orang, dia menuturkan menjadi tersendat akibat tidak berlayarnya kapal. AKibatnya, dirjen dan syahbandar kebajiran protes dari pemiliki dan operator, pedagang antarpulau dan masyarakat.

“Itulah risikonya. Biarlah diprotes. Tetapi ketimbang berlayar dengan risiko keselamatan terancam, maka lebih menunda. Setelah cuaca dan ombak tergolong clear, maka SIB bisa diterbitkan dan kapal boleh berlayar,” tutur mantan Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan Kementerian Perhubungan tersebut.

SADAR KESELAMATAN
Karenanya, dia berharap masyarakat dapat memahami kebijakan tersebut. “Adalah kewajiban kami dan masyarakat, termasuk pemilik serta awak kapal, untuk menegakkan prinsip keselamatan pelayaran harus di atas segala-galanya. Kita mesti menyadari bahwa keselamatan tidak boleh diabaikan sedikit pun,” tegas Bobby R Mamahit.

Meski demikian, dirjen tidak membantah kemungkinan ada pemilik dan kru kapal yang nekat tetap berlayar walau tanpa dilengkapi SIB. “Mereka nyelonong begitu saja dari pelabuhan, dengan mempertaruhkan keselamatan,” cetusnya.(aw).

loading...