Angkasa Pura 2

Pemkot Sukabumi Targetkan Terminal Lingkar Selatan Beroperasi 2014

KoridorMinggu, 8 September 2013
terminal sukabumi

SUKABUMI (beritatrans.com) — Pemerintah Kota Sukabumi mulai membangun terminal tipe A. Ditargetkan terminal Lingkar Selatan tersebut dapat beroperasi pada 2014 mendatang.

Wali Kota Sukabumi, M Muraz di Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (8/9/2013) mengatakan,

Selain mempercepat pembangunan terminal, pihaknya juga mempercepat pengerjaan jalan yang saat ini sudah hampir rampung. Dengan begitu, bisa segera digunakan untuk melayani penumpang dengan berbagai tujuan.

“Terminal Lingkar Selatan nantinya juga akan dibangun berbagai fasilitas khususnya untuk penumpang seperti tempat istirahat dan lain-lain agar masyarakat yang menggunakan fasilitas bus umum nyaman dan aman, karena terminal untuk kepentingan umum,” papar Muraz.

Menurut dia, rencananya pembangunan terminal ini akan berlangsung selama enam bulan sejak September ini, sehingga diharapkan pada awal 2014 pembangunannya sudah rampung.

Muraz mengungkapkan, meskipun  pembangunan sudah selesai tetapi juga harus menata jalan untuk alur kendaraan yang masuk dan keluar terminal apalagi posisi terminal tersebut berada di Jalan Lingkar Selatan yang merupakan jalur alternatif.

“Karena itu, kalau melihat ruas jalan menuju terminal tersebut, khususnya Jalan Lingkar Selatan dari arah Jakarta sudah cukup mantap dan sudah bisa digunakan. Namun yang masih menjadi kendala, dari arah Bandung karena proses pembebasan lahannya belum selesai,” katanya.

Ia mengharapkan proses pembebasan lahan untuk Jalan Lingkar Selatan dari arah Bandung ini dapat segera selesai, sehingga proses pembangunan ruas jalan tersebut dapat segera dilanjutkan dan diselesaikan. Namun apabila proses pembangunan ruas jalan belum selesai masih banyak ruas jalan lain yang dapat digunakan menuju terminal tersebut.

Ditanya mengenai biaya, Muraz mengatakan, untuk menyelesaikan pembangunan terminal ini pihaknya merasa optimis bakal ada kucuran dan bantuan dana baik dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat maupun dari Pemerintah Pusat, karena keberadaan terminal baru penting dan dibutuhkan, serta menjadi salah satu program pembangunan yang mendesak bagi Pemkot Sukabumi. (machda/awe)

loading...