Angkasa Pura 2

Lima Bandara PT Angkasa Pura II Siap Beroperasi 24 Jam

BandaraSenin, 9 September 2013
AP2 2

JAKARTA (beritatrans.com) – PT Angkasa Pura (AP) II siap mengoperasikan lima bandara yang dikelalnaya selama 24 jam. Kelima bandara itu adalah Bandara Internasional Minangkabau (Padang), Bandara Sultan Syarif Kasim(Pekanbaru), Bandara Internasional Supadio (Pontianak), Bandara Internasional Husain Sastranegara (Bandung) dan Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang).

“Bahkan tiga bandara yakni Bandara Internasional Minangkabau, Bandara Internasional Husein Sastranegara dan Bandara Imnternasional Supadio saat ini telah beroperasi hingga pukul 01.00 sampai 02.00 waktu setempat,” kata Kepala Hubungan Masyarakat PT AP II Kristanto di Jakarta, Senin (9/9).

Menurut Kristanto, 13 bandara yang dikelola oleh PT AP II sebenarnya sudah siap untuk beroperasi selama 24 jam. Namun, realisasinya juga bergantung pada kesiapan semua pihak terkait. Misalnya kesiapan transportasi dari dan menuju bandara.

“Saat ini bandara yang sudah beroperasi selama 24 jam ada tiga yaitu Bandara Soekarno-Hatta (Cengkareng), Bandara Halim Perdanakusuma (Jakarta) dan Bandara Kualanamu (Deli Serdang),” tuturnya.

Sebelumnya Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan meminta agar bandara di luar Jakarta untuk memperpanjang waktu operasionalnya. Namun, bukan berarti harus membuka bandara selama 24 jam, akan tetapi bisa lebih malam lagi.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Herry Bhakti Singayuda Gumay pada Kamis (5/9) mengatakan akan memperpanjang waktu operasional bandara di wilayah timur Indonesia untuk mengatasi kepadatan penerbangan yang berakibat pada penundaan waktu penerbangan (flight delay).
“Operasional bandara di wilayah timur akan lebih lama sampai pukul 12 malam, kalau perlu 24 jam,” ujarnya. (aliy)

loading...