Angkasa Pura 2

Final Proyek Double Track Pantura Ditentukan Oktober

EmplasemenSenin, 16 September 2013
rel

JAKARTA (beritatrans.com) – Proyek pembangunan double track atau jalur ganda Jakarta-Surabaya yang dijadwalkan Oktober mendatang menjadi titik final apakah dapat rampung atau justeru sebaliknya, mundur.

Ketidakpastian tersebut akibat hingga saat ini masih ada kendala dalam penyelesaian pembangunan yang menggunakan anggaran multiyears tersebut. Misalnya, dalam hal pembebasan lahan yang terjadi di Brebes, Jawa Tengah.

“Target masih akhir tahun bisa selesai, tersambung dari Cirebon-Brebes, Pekalongan dan Surabaya,” ujar Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub), Bambang Susantono di Jakarta, Senin (16/9/2013).

Menurut dia, lahan yang belum dibebaskan tersebut saat ini  sebagian sudah dalam tahap penyelesaian dengan konsinyasi atau pembayaran tunai diikuti dengan penitipan uang ganti rugi di pengadilan.

Usai pembebasan tanah akan langsung berproses pengerjaan fisik dan itu bisa memakan waktu dua bulan. Persoalan tanah tersebut akan ditentukan Oktober nanti untuk mengetahui selanjutnya apakah memungkinkan proyek tersebut  rampung akhir tahun ini atau mundur menjadi awal tahun depan.

Bambang menegaskan, apabila rampung DT Jakarta-Surabaya nantinya mampu meningkatkan kapasitas pelayanan kepada masyarakat hingga tiga kali lipat dari yang sudah eksisting saat ini.

“Nantinya yang meningkat juga bukan hanya angkutan penumpang saja, namun juga didorong untuk peningkatan di angkutan barang melalui kereta api,” kata Wamen. (awe/machda)