Angkasa Pura 2

Urai Kemacetan, Pemda Bangun Jalan Tembus Boulevard, Kepala Gading, Jakarta Utara

KoridorSabtu, 21 September 2013
perbaikan jalan di Kawasan Kelapa Gading

JAKARTA (beritatrans.com) – Guna mengurai kemacetan yang terjadi setiap hari di by bass Jalan Yos Sudarso, Sudin PU Jalan Jakarta Utara mulai membangun Jalan Boulevard, Kelapa Gading, hingga tembus ke Jalan  Pulogadung, Jakarta Timur.

Sejumlah alat berat, seperti beco sudah terlihat di kawasan tersebut dan sejumlah pekerja juga tengah melakukan betonisasi dan tiang pancang. Rencananya jalan tembus itu akan selesai dikerjakan hingga akhir 2014 mendatang.

“Targetnya pada akhir 2014,  pembangunan jalan sudah bisa tembus ke Jalan Bekasi Raya Pulogadung,” ujar Kasudin PU Jalan Jakut Monang Ritonga, kemarin.

Menurut dia, pembangunan jalan ini akan mengurangi beban kendaraan di Jl. Yos Sudarso yang selama ini selalu dipadati kendaraan, terutama pada jam-jam sibuk. Dengan adanya jalan ini bisa menjadi alternatif menuju kawasan Pulogadung.

“Kita berharap pembangunannya sesuai target yakni Desember 2014 medatang. Mudah-mudahan tidak ada kendala berarti,” kata dia.

Dalam proyek ini, Monang menambahkan, ada perubahan teknis di lokasi, yakni saluran yang semula ada di sebelah kiri jalan akan dibangun di tengah jalan. Jl. Boulevard juga akan terbagi menjadi jalan cepat dan lambat di kedua sisinya.

Dia menambahkan, pembangunan jalan tersebut memang sudah lama dinantikan warga.  Selain bisa mengurangi kemacetan juga mempermudah dan mempercepat akses jalan buat warga.  Baik yang ingin ke Kelapa Gading ataupun Pulogadung.  Saat ini,  sambil menunggu jalan tembus itu kelar,  warga masih tetap menggunakan akses jalan yang telah ada.

Monang mengatakan,  untuk tahap pertama,  pembangunan jalan tembus akan dibuat sepanjang 500 meter.  Dengan lebar 50 meter.  Proyek tersebut menelan anggaran sekitar Rp 21 miliar dari pagu anggaran sekitar Rp23 miliar.  “Untuk tahap pertama pembangunan dijadwalkan selesai pada Desember 2013. Nanti akan dilanjutkan pada tahun berikutnya sehingga jalan tersebut rampung dan bisa digunakan,” ujarnya.

Dalam pembangunannya,  terdapat tiga jembatan dan pemindahan saluran ke median.  Jalan itu bakal di buat dengan dibeton.  Saluran memang sengaja tidak dibuat pada trase.  “Setelah tahap pertama selesai.  Rencananya, akan dibangun tahap dua sepanjang 450 meter hingga sampai Jalan Bekasi Raya Terminal Pulogadung,” jelas Monang.

Sementara itu. Sekodya Jakut M Yuliadi berharap jalan tembus itu bisa mengurangi beban Jl. Yos Sudarso. “Kita berharap ada pengurangan beban arus kendaraan yang selama ini selalu menumpuk di Jl. Yos Sudarso. Selanjutnya, saat ini kita tengah berupaya mengusulkan jalan tembus dari Jl. Yos Sudarso menuju Ancol, Penjaringan,” tandasnya. (tifa/machda)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari