Angkasa Pura 2

Dipiloti Putra Daerah, Sriwijaya Air Buka Rute Jakarta-Timika

KokpitMinggu, 22 September 2013
sriwijaya air

TIMIKA (beritatrans.com) – Seiring dengan prospeknya penerbangan ke Timika, Papua, maskapai penerbangan Sriwijaya Air dalam waktu dekat akan membuka rute penerbangan ke Timika, Papua.

“Saya sudah mendapat informasi tentang kepastian pembukaan rute penerbangan Sriwijaya Air ke Timika. Kalau tidak ada hambatan, mulai 5 Oktober 2013 Sriwijaya Air akan mendarat di Bandara Mozes Kilangin Timika dengan rute Jakarta-Makassar-Timika-Jayapura-Merauke dan sebaliknya,” jelas Bupati Mimika, Abdul Muis di Timika, Sabtu (21/9/2013).

Muis mengatakan, Pemkab Mimika menyambut positif rencana Srwijaya Air membuka rute penerbangan ke Timika untuk meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa penerbangan di wilayah itu.

Sesuai rencana, katanya, pesawat Sriwijaya Air yang akan melayani rute penerbangan Jakarta-Makassar-Timika-Jayapura-Merauke dan sebaliknya akan dipiloti oleh salah satu putra asli Suku Amungme yaitu Aptoro Lakmere. ‘Ini salah satu yang membanggakan,” ujar Muis.

Dia mengemukakan, kalau tidak ada hambatan, kita akan menggelar syukuran saat pesawat Sriwijaya Air mendarat di Bandara Timika. Setelah itu baru melanjutkan penerbangan ke Jayapura dan Merauke.

Menurut dia, sejauh ini tidak ada kendala soal bahan bakar (fuel) pesawat Sriwijaya Air yang nantinya akan membuka rute tetap ke Timika. “Freeport siap membantu avtur,” jelas Muis.

Kepala Bidang Perhubungan Udara pada Dishubkominfo Mimika, John Rettob menyambut baik rencana pihak Sriwijaya Air tersebut yang segera membuka rute penerbangan ke Timika.

“Sejak awal Pemkab Mimika sudah berupaya maksimal untuk memuluskan rencana pihak maskapai Sriwijaya Air membuka rute penerbangan ke Timika dengan tujuan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat pengguna jasa penerbangan di wilayah itu,” paparnya.

Apalagi selama ini hanya ada dua maskapai penerbangan nasional yang melayani rute penerbangan ke Timika yakni Garuda Indonesia dan Merpati Nusantara.

Dengan keterbatasan sarana transportasi penerbangan itu, harga tiket penerbangan dari dan ke Timika cukup berat bagi konsumen, terutama pada musim liburan sekolah dan menjelang hari raya.

“Mereka sudah dapat izin dari Kemenhub sejak beberapa minggu lalu. Slot time yang diberikan yaitu pesawat Sriwijaya Air akan tiba di Bandara Mozes Kilangin Timika pada pukul 08.15 WIT,” jelasnya.(tifa/machda)