Angkasa Pura 2

Rampungkan Bandara, Wakatobi Butuh Rp450 Miliar

BandaraMinggu, 22 September 2013
banadara matoharo wakatobi

KENDARI (beritatrans.com) — Pemerintah Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra), butuh dana Rp450 miliar untuk merampungkan pembangunan Bandara Matahora, agar bisa menjadi salah satu bandara hub di Kawasan Timur Indonesia (KTI).

“Untuk bisa dioperasikan sebagai bandara di KTI secara optimal, pembangunan berbagai fasilitas bandara Matahora, membutuhkan biaya sekitar Rp450 miliar,” kata Kepala Dinas Perhubungan dan Telekomunikasi Kabupaten Wakatobi, Syarifuddin di Kendari, Sabtu (21/9/2013).

Menurut dia, tahun ini Bandara Matahora memperoleh tambahan dana dari Kementerian Perhubungan RI sebesar Rp180 miliar, setelah sebelumnya kementerian tersebut memberikan dana peningkatan pembangunan bandara Matahora Rp17 miliar lebih.

Tambahan dana sebesar Rp180 miliar tersebut, kata dia, untuk membiayai perpanjang landasan pacu bandara dari 2.100 meter menjadi 2.500 meter dan dari 30 meter lebar 45 meter.

“Selain membiayai perpanjangan landasan pacu dan lebar bandara, dana sebesar Rp180 miliar yang diberikan pemerintah pusat tersebut juga akan membiayai penambahan tebal aspal bandara dari 12 centimeter menjadi 20 centimeter,” katanya.

Ia mengatakan, pekerjaan perpanjangan landasan pacu dan pelebaran bandara tersebut akan diupayakan rampung awal tahun depan, sehingga bandara Matahora segera jadi bandara hub di KTI.

Kecuali pekerjaan perpanjangan landasan pacu dan pelebaran bandara, Pemerintah Kabupaten Wakatobi, kata dia, saat ini juga tengah mengerjakan pembangunan terminal bandara Matahora dengan konstruksi berlantai dua.

Menurut dia, dana membangun terminal bandara tersebut juga bersumber dari APBN Kementerian Perhubungan sebesar kurang lebih Rp17 miliar,” katanya.(resti/machda)

loading...