Angkasa Pura 2

Pemkab Cianjur Segera Aktifkan Jalur KA Bandung-Cianjur

EmplasemenSenin, 23 September 2013
Kereta-Api- Bandung-Cianjur

CIANJUR (beritatrans.com) — Pemkab Cianjur, Jabar, berencana mengaktifkan kembali jalur kereta api dari Stasiun Kereta Api Sinar hingga Lampegan, untuk wisatawan dengan tujuan Situs Gunung Padang.

“Untuk mewujudkan rencana tersebut, pihaknya akan mengandeng PT Kereta Api Indonesia (KAI). Hal ini sebagai salah satu upaya untuk mempromosikan Gunung Padang meskipun saat ini belum menjadi daerah tujuan wisata,” jelas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Cianjur, Tedi Artiawan, di Cianjur, Senin (23/9/2013).

Dia menargetkan, rencana tersebut dapat terealisasi pada Hut Cianjur 2014. Sedangkan dalam pengelolaan kami akan bekerjasama pula dengan salah satu even organizer yang akan mengenalkan kereta api sebagai sarana transportasi pilihan.

Menurut dia, kereta api khusus Gunung Padang tersebut dapat diberangkatkan dari Stasiun Bandung atau Stasiun Cianjur tergantung keinginan wisatawan sehingga kehadiran kerepa api wisata tersebut, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan karena daerah yang dilalui banyak menyajikan pemandangan yang masih alami.

“Stasiun Lampega sebagai pemberhentian terakhir wisatawan, selanjutnya wisatawan akan mengunakan kendaraan wara-wiri menuju Situs Gunung Padang,” ujarnya.

Tedi mengemukakan, hal tersebut pernah dilaksanakan 2011, namun terkendala beberapa hal, sehingga tidak dapat dilanjutkan. Namun kali ini, ucap dia, hal tersebut akan terwujud guna memberikan pelayanan prima bagi wisatawan yang berkunjung.

“Sedangkan pengelolaan kereta api wisata itu akan diserahkan ke pihak swasta seperti agen travel, pemilik hotel dan perusahaan yang berhubungan dengan kepariwisataan,” ujarnya.

Dia menambahkan, wisatawan yang ingin menaiki kereta api menuju Gunung Padang bisa lebih terakmodasi dan tidak merugikan pihak PT KAI. Mungkin awalnya tidak rutin setiap hari atau disesuaikan dengan wisatawan yang ingin memanfaatkan sarana tersebut. (tifa/machda)