Angkasa Pura 2

Bus Apron Lion Air Terbakar di Terminal 1 Bandara Soekarno – Hatta

BandaraThursday, 26 September 2013

TANGERANG (beritatrans.com) – Bus apron milik Lion Air terbakar di Terminal 1 Bandara Soekarno – Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (26/9/2013), sekitar pukul 10.30. Dalam tempo lima menit, api dipadamkan petugas PKPPK.

General Affairs Manager PT Angkasa Pura II, Yudis Setiawan, mengemukakan peristiwa itu bermula ketika bus usai mengantar penumpang, sopir melihat ada percikan api di mesin saat di service road A. Selanjutnya pengemudi segera membawa bus ke area parkir service road a.7.

“Pengemudi mencoba memadamkan api dengan peralatan pemadam api yang ada di bus, tetapi ternyata api semakin membesar,” ungkap Yudis Setiawan saat dikonfirmasi tentang peristiwa tersebut.

Kebakaran itu segera saja diketahui petugas Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKPPK) PT Angkasa Pura II yang standby 24 jam di Bandara Soekarno – Hatta. Sebanyak dua unit kendaraan pemadam secepatnya meluncur ke lokasi bus yang terbakar.

“Hanya dalam tempo lima menit, 2 unit kendaraan yang diperkuat oleh 25 personel PKPPK bisa memadamkan api. Kami menyatakan mengapresiasi seting-tingginya respon dan kerja cepat petugas PKPPK. Kami juga mengapresiasi pengemudi bus yang cepat bertindak,” cetus Yudis Setiawan.

Setelah api padam, dia mengutarakan bus ditarik ke worksshop Lion Air di Terminal 2D Bandara Soekarno – Hatta. “Peristiwa kebakaran ini sama sekali tidak menyebabkan gangguan terhadap pelayanan penerbangan,” tegasnya.

Sekadar info, bus apron merupakan kendaraan khusus digunakan untuk mengangkut penumpang dari terminal ke pesawat atau dari pesawat ke terminal. Alasan penggunaan bus transfer airside ini biasanya karena jarak jauh antara terminal dengan pesawat atau untuk alasan keamanan. (aw).