Angkasa Pura 2

Bermasalah, Boeing 787 Milik JAL Dipaksa Putar Balik

KokpitJumat, 11 Oktober 2013
boeing-787-dreamliner

TOKYO (beritatrans.com) — Japan Airlines (JAL) mengatakan mereka harus memutar balik dua pesawat Boeing 787 Dreamliner mereka karena mengalami masalah teknis.

Pada satu pesawat, satu dari dua sistem anti-es, yang mencegah terjadinya pembekuan es pada mesin, rusak.

Sementara itu dalam penerbangan lain, masalah elektrik membuat enam toilet tidak dapat digunakan.Ini adalah masalah teknis terbaru yang alami pesawat Dreamliner. Sebelumnya, pesawat jenis ini harus diperiksa total pada awal tahun karena masalah baterai.

Maskapai United Airlines juga sempat melakukan pendaratan darurat karena pesawat Boeing 787 mereka bermasalah. Kegagalan sistem anti es terjadi pada penerbangan dari San Diego menuju Tokyo.

Juru bicara JAL mengatakan kepada BBC masalah serupa telah membuat penerbangan Tokyo ke Singapura harus memutar balik dan kembali ke bandara pada Juni tahun ini.

Sementara itu, sistem elektrik yang gagal menghubungkan sistem di toilet dialami oleh penerbangan dari Moskow menuju Tokyo.

Kegagalan ini membuat enam dari tujuh toilet tidak bisa dibilas. Pihak maskapai penerbangan mengatakan mereka sedang menyelidiki masalahnya.(machda/bbc.com)