Angkasa Pura 2

Pemerintah Carter Garuda Indonesia Pulangkan 3.413 TKI Ilegal dari Arab Saudi

KokpitJumat, 11 Oktober 2013
Garuda_Indonesia Boeing 747-400

JEDDAH (beritatrans.com) — Sembilan pesawat Garuda Indonesia dicarter pemerintah Indonesia untuk mengangkut 3.413 tenaga kerja Indonesia (TKI) ilegal dari Arab Saudi. Rencananya pemulangan pekerja Indonesia ilegal itu dilakukan bertahap hingga 3 November mendatang sesuai keputusan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

Seperti dilaporkan Arabnews.com, Rabu (9/10/2013) malam sebanyak 363 TKI ilegal sudah dipulangkan dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia yang mengangkut jemaah haji Indonesia dan dicarter untuk memulangkan mereka. Dari jumlah itu, ada 20 bayi yang merupakan anak TKI.

Kebanyakan penumpang tersebut para wanita yang bekerja di Arab Saudi sebagai pembantu rumah tangga namun kemudian melarikan diri dari sponsornya.

Sebelumnya maskapai Garuda juga membawa 450 penumpang ilegal untuk pesawat yang dirancang khusus membawa calon jemaah haji.

Informasi yang dihimpun Arabnews dari sejumlah pejabat RI, menyebutkan pemerintah berencana untuk menggunakan sembilan penerbangan dengan kapasitas angkut 3.413 penumpang. Namun sejauh ini mereka hanya menggunakan dua pesawat yang memiliki daya angkut kurang dari 1.000 penumpang. Salah satu faktor yang menyebabkan penundaan yaitu kegagalan mereka untuk mendapatkan izin keluar resmi dari dinas imigrasi Saudi tepat pada waktunya.(arabnews/machda)