Angkasa Pura 2

Herry: Kebijakan Moratorium Tak Pengaruhi Iklim Investasi Penerbangan

KokpitMinggu, 13 Oktober 2013
herry-bakti-1

JAKARTA (beritatrans.com) — Kebijakan penghentian sementara (moratorium) izin maskapai baru yang berlaku mulai September 2013 dinilai tak akan mengganggu iklim investasi di industri penerbangan.

“Kebijakan pemerintah mengerem pemberian izin maskapai baru, minat investor justru naik, melihat ada upaya perbaikan di transportasi udara di Indonesia. Justru kalau kita enggak jaga (growth), ada ‘serangan balik’. Moratorium ini dilakukan agar iklim investasi bagus,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Herry Bakti di Jakarta, Jumat (11/10/2013).

Dia mengemukakan, dunia penerbangan sangat rentan terhadap kepercayaan pemodal, terlebih lagi. Jika sering terjadi kecelakaan. Sebab, kebijakan moratorium ini, pemerintah tak mengurangi pertumbuhan, hanya menahan di level 15 persen.

“Kalau kita terus kembangkan, sementara infrastruktur dan SDM belum siap, bisa ‘meledak’, fatal akhirnya,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, dalam perhelatan APEC 2013 di Bali baru-baru ini, isu konektivitas menjadi poin utama pertumbuhan ekonomi. Namun, kata Herry, sejauh yang dia tahu belum ada negara-negara APEC yang berminat untuk menanamkan investasinya di industri penerbagan di Indonesia, dalam hal ini untuk pembangunan bandara. (awe/machda)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari