Angkasa Pura 2

Selasa Mendatang, 200 TKBM Priok Dirasionalisasi Lagi

DermagaFriday, 18 October 2013

JAKARTA (beritatrans.com)  — Sebanyak 200  tenaga kerja bongkar muat (TKBM) Pelabuhan Tanjung Priok  usia lanjut (55 th lebih), Selasa mendatang kembali dirasionalisai dengan uang pesangon Rp28,2 juta lebih/buruh.

Dengan demikian selama 2013 ini  300 dari rencana  1000 TKBM lansia sudah dirasionalisasi, kata Ketua Koperasi TKBM Karya Sejahtera, Jono Sukardi kepada beritatrans, Jumat pagi.

Dia mengatakan uang pesangon yang diberikan kepada TKBM lansia itu Rp20 juta dari Pelindo II (IPC) dan Rp 8,2 juta dana dari Koperasi TKBM Karya Sejahtera.

Sampai kini masih tersisa  700 TKBM lansia menunggu giliran untuk dirasionalisasi.

“Pelindo II menginginkan 1000 TKBM lansia ini di rasionalisasi sekaligus, tapi kopersasi yang minta bertahap karena  tidak cukup dana untuk dilakukan serempak,” kata Jono.

Seperti sering diberitakan masih banyaknya TKBM tua di Pelabuhan Tanjung Priok menjadi salah satu faktor penyebab  produktivitas bongkar muat rendah. Pelindo menyapkan Rp20 miliar untuk merasionalisasi 1000 TKBM.

Jono mengatakan nantinya jumlah TKBM di Priok hanya sekitar 2000 orang semuanya usia produktif. Dampak postifnya bagi buruh yaitu  hari kerja (man day) yang selama ini sekitar 15 hari kerja /bulan bisa meningkat menjadi 20 hari kerja/bulan. (wilam)