Angkasa Pura 2

Dharma Lautan Utama Luncurkan Kapal Penumpang Darma Rucitra 1

DermagaSabtu, 19 Oktober 2013
dharma rucitra

MERAK (beritatrans.com) —  PT Dharma Lautan Utama (DLU) meluncurkan beroperasinya kapal jasa penumpang, barang dan kendaraan bernama Darma Rucitra 1 di Pelabuhan Merak, Banten, Jumat (18/10/2013).

Hadir dalam peluncuran beroperasinya kapal tersebut, Letjen TNI (Purn) Arif Hidayat selaku Wakil Kesatuan Veteran, Kapolsek Merak, Ir. Bambang Harjo selaku Direktur Utama DLU, wakil gubernur Banten dan Dirjen Perhubungan Darat Suroyo Alimoeso.

Kapal ini akan melayani rute Pelabuhan Merak-Pelabuhan Bakauheni. Adapun fasilitas yang ada di kapal ini antara lain tempat tidur ekonomi/VIP dan ada pula eskalator dari dek kendaraan 1,2,3 dan penumpang, musola, tempat bermain anak, room smoking area, internet, dan sebagainya. Kapasitas penumpang 650 orang dan 90 kendaraan campuran dan 60 truk.

“Dalam menjaga keamanan dan kenyamanan penumpang, Kapal laut Darma Rucitra mengikuti aturan internasional. Sedangkan perbaikan PT DLU mempunyai bengkel yang bernama PT Adi Luhung Sarana Negara Indonesia yang berada di Surabaya, Bangkalan, Jawa Timur untuk memperbaiki apa bila ada kerusakan mesin mau pun body,” ujar Bambang Harjo.

Dirjen Perhubungan Darat mewakili Menteri Perhubungan mengatakan, pihaknya akan segera membereskan apabila ada yang masih dalam tahap perbaikin agar dalam beroprasi nanti tidak ada kendala dan kerusakan agar penumpang dapat yaman dan aman dalam perjalanan nanti.

Dalam acara ini, Letjen TNI (Purn) Arif Hidayat melakukan penandatangan perjanjian MoU untuk sepakat menjalani kerja sama dengan PT DLU, dari hasil penandatanganan ini pun PT DLU memberikan potongan harga dan room VIP kepada sekelompok veteran apabila ingin berpergian dengan kapal Darma Rucitra 1. Kata Bambang Harjo. (Ridwan)