Angkasa Pura 2

Dari Total BUMN 141 Perusahaan

Baru 31 Perusahaan Ikut BUMN Bersih

SDMJumat, 25 Oktober 2013
di

Jakarta (Beritatrans.com) — Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengungkap ┬ábaru 31 dari 141 perusahaan plat merah mendaftarkan diri dalam program BUMN Bersih yang dicanangkan sejak 1 Oktober 2013.

“Hingga tanggal 24 (Oktober) sudah daftar 31 BUMN, batasnya 31 Oktober kan masih ada waktu. Saya yakin di akhir nanti akan banyak yang ikut,” ungkap Dahlan saat ditemui di Kantor Pusat Pelindo II, Tanjung Priok, Jakarta, kemarin.

Dahlan menegaskan, BUMN yang tidak mengikuti program BUMN Bersih akan diwajibkan menjalankan roadmap yang ditentukan Kementerian BUMN.  Dalam roadmap tersebut, setiap direksi yang tak mampu menjalankan roda perusahaan secara bersih kemungkinan akan diberhentikan dari jabatannya.

“Kalau ada yang tidak ikut BUMN Bersih, kita akan panggil mengapa tidak mendaftar, mereka harus ikut roadmapnya kementerian, misalnya dalam 3 bulan harus roadmap pertama dan selanjutnya, kalau nggak sanggup kita ganti direksinya ,” katanya.

Diketahui, pada program roadmap BUMN Bersih ini, setiap perusahaan harus lolos tiga tahapan yang telah disusun kementerian BUMN.
Tahapan pertama adalah menerapkan perilaku antikorupsi di level komisaris direksi dan komisaris.

Selanjutnya, roadmap kedua berupa penerapan perilaku yang sama hingga ke kepala divisi. Terakhir atau roadmap ketiga adalah perilaku antikorupsi yang menyebar ke level manajer terbawah.(yfent)

loading...