Angkasa Pura 2

Beli 2 Mobil Mewah Pejabat Nigeria Dikecam Rakyat

OtomotifJumat, 25 Oktober 2013
bmw

Jakarta (Beritatrans.com) — Nigeria, negeri yang  rakyatnya mayoritas miskin. Namun dengan kondisi itu, pemerintah mengeluarkan dana dari anggaran belanja negara yang sangat besar untuk membeli dua mobil mewah untuk operasional pejabat.

Tak hanya mewah, BMW 760 Li, mobil buatan Jerman itu juga dilengkap anti peluru yang makin membuat Menteri Penerbangan Stella Oduah dikecam habis-habisan rakyatnya yang mayoritas miskin, demikian dikutip The Punch, kemarin.

Dilaporkan, Menteri Penerbangan merogoh kas negara N255 juta atau senilai Rp17 miliar. Juru bicara Oduah, Joe Obi menyatakan mobil tersebut dibutuhkan karena adanya ancaman yang jelas dan nyata terhadap kemanan pribadi Sang Menteri.

Kabarnya, pembelian mobil yang sudah dikirim pada Agustus lalu itu sengaja dilakukan dengan tujuan memberikan keselamatan para tamu negara atau para pejabat pemerintah Nigeria dari serangan musuh maupun pemberontakan.

Kini, Nigerian Civil Aviation Authority atau Otoritas Penerbangan Sipil Nigeria (NCAA) di protes keras masyarakat dan pihak yang kontra dengan pemerintah. Mereka mempertanyakan juga siapa yang mengesahkan pembelian BMW 760 Li. Pasalnya, jauh dari kata negeri maju, rakyat Nigeria masih membutuhkan akses atau fasilitas yang lebih baik ketimbang membeli mobil mewah untuk para pejabat.

Beberapa sumber menyatakan, kemungkinan Presiden Nigeria Goodluck Ebele Azikiwe Jonathan ikut menyetujui pembelian kendaraan tersebut.

Kabar pembelian mobil mewah itu diketahui masyarakat, setelah sebuah dokumen rahasia mengenai pembelian mobil dibocorkan seorang sumber yang kini dicari-cari pemerintah Nigeria.

Diketahui juga 70 persen dari anggaran produsen minyak utama Afrika dihabiskan untuk pemerintah, 30 persen sisanya untuk investasi infrastruktur.  Kini, 60 persen rakyat Nigeria hidup dengan penghasilan kurang dari US$1 dolar setiap harinya.(yfent)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari