Angkasa Pura 2

Jabar Ditarget Jadi Kantong Wisata NTB

DestinasiRabu, 30 Oktober 2013
pantai lombok

Jakarta (Beritatrans.com) — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Barat (NTB) menargetkan agar Jabar bisa menjadi kantung kunjungan wisata ke provinsi tersebut.

“Kami berusaha berbicara dengan perwakilan AirAsia di sini (Bandung) serta di Malaysia agar membuka rute penerbangan langsung dari Bandung ke Lombok,” ujar Sekretaris Dinas Kebudayaaan dan Pariwisata (Disbudpar) NTB, Lalu Fauzal, seusai Table Top Lombok-Sumbawa Travels Club di Aston Tropicana Hotel, Jalan Cihampelas, Bandung, ┬ákemarin.

Menurutnya, potensi Jabar untuk mengirimkan turis domestik dan wisatawan mancanegara terbilang besar meskipun pihaknya tak memiliki cacatan resmi mengenai jumlah turis asal Jabar yang berkunjung ke NTB. Sejauh ini, penerbangan dari Bandung hanya sampai di Bali.

Ia menyebutkan beberapa destinasi wisata NTB menarik untuk dikunjungi seperti Giri Tarawangan sebagai satu di antara lokasi berbulan madu terbaik di nusantara, dan Pantai Pink yang dihampari pasir warna merah jambu.

Selain itu, ada juga Gunung Rinjani sebagai tempat tracking terlengkap dan kawasan kampung budaya di Dusun Sade, Lombok Tengah. Ada juga situs taman budaya Narmada.

Sejauh ini, NTB terutama Lombok diuntungkan keberadaan Bali. Ia mengakui wisman di Lombok kebanyakan dari Australia yang menjadikan Bali sebagai rumah kedua.

Hingga kini, Pendapatan asli daerah (PAD) provinsi yang selama ini sangat mengandalkan tambang tembaga dan emas Newmont sebagai sumber PAD terbesar, yakni 70 persen dari Rp 3,4 triliun per tahun.(yfent)

loading...