Angkasa Pura 2

Naik 6,8% Lebih Tinggi dari India dan Thailand

Penerbangan Murah di Indonesia Capai 12,3 Juta Kursi dalam Setahun

KokpitRabu, 30 Oktober 2013
air

Jakarta (Beritatrans.com) — Penerbangan dengan harga murah atau low cost carrier (LCC) di Indonesia, khususnya Jakarta tercatat paling pesat dibandingkan dengan ibukota negara lain di Asia, demikian analisis divisi Air Traffic Solution Amadeus, kemarin.

Amadeus mengungkapkan potensi penerbangan murah naik 6,8% dari pertumbuhan kapasitas kursi global pada semester I/2013 dibandingkan periode yang sama tahun 2012.

Analisis ini membuktikan ada pertumbuhan yang kuat di berbagai kawasan Asia dan Timur Tengah, serta pertumbuhan yang tidak terlalu tinggi di Eropa dan Amerika Utara.

Dalam keterangan tertulisnya, Amadeus menyebutkan kapasitas maskapai penerbangan LCC di Indonesia meningkat hingga 12,3 juta kursi. Jauh diatas India yang meningkat hingga 3 juta kursi, kemudian Thailand meningkat hingga 2 juta kursi, dan Malaysia yang hanya naik 1,8 juta kursi.

Kapasitas tersebut menyumbang setengah dari pertumbuhan kapasitas kursi penerbangan LCC global. Artinya, kawasan Asia menunjukkan tingkat pertumbuhan paling tingg. Peningkatan itu dibandingkan dengan wilayah lainnya dengan pertumbuhan secara keseluruhan meningkat 28% menjadi 129 juta kursi maskapai budget pada semester I/2013.(yfent)

loading...