Angkasa Pura 2

Buruh Blokir Terminal Peti Kemas Pos 9 Priok

DermagaKamis, 31 Oktober 2013
sin

Jakarta (Beritatrans.com) — Ribuan buruh Konsolidasi Nasional Gerakan Buruh (KNGB) memblokir pintu masuk terminal peti kemas Pos 9 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Alhasil tak ada satu kendaraan yang bisa melewati kawasan ini, Kamis (31/10).

Mulai dari pintu keluar dan masuk terminal peti kemas, arus kendaraan serta aktivitas bongkar muat barang dialihkan sementara ke Pos 8 dekat terminal bus Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Sedangkan Jalan Raya Sulawesi yang persis berada di depan Pos 9 pun dialihkan sementara untuk menghindari kemacetan panjang. Arus dari arah situ dialihkan ke Jalan TL Jaya kearah Jalan Tugu Simpang Lima hingga tembus Plumpang. jelas Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Asep Adi S.

Untuk pengamanan sendiri, pihak kepolisian dari Resor Pelabuhan Tanjung Priok menyiagakan sekitar 600 personel. Personel itu merupakan gabungan dari Polres Jakarta Utara. “Ditempatkan juga beberapa titik,” ujar Kapolres AKBP Asep Adi S.

Ia menambahkan di depan Pos 9 pihaknya sengaja menyediakan tempat untuk buruh melakukan aksinya. Para buruh yang berdemo diberikan tempat di lokasi ini. “Untuk aktivitas di pelabuhan tidak terganggu karena sudah disesuaikan sebelumnya,” ungkap Asep.

Aksi buruh sendiri masih berlangsung tertib sehingga memudahkan pihak kepolisian menjaga kondisi tetap kondusif di lokasi. Tak hanya dari KNGB, elemen buruh lainnya  yakni Serikat Buruh Transportasi Perjuangan Indonesia (SBTPI) turut berunjuk rasa. (yfent)