Angkasa Pura 2

Jalur Khusus Sepeda Motor

Rubrik Iskandar AbubakarJumat, 1 November 2013
Jalr khusu sm

Pertumbuhan sepeda motor yang luar biasa berdampak terhadap tingginya angka kecelakaan yang menyangkut sepedamotor, diperkirakan sekitar 70 sampai 80 persen kecelakaan di Indonesia menyangkut sepeda motor.

Yang mengkhawatirkan persentase kecelakaan yang melibatkan motor sebagian besar berakibat fatal. Kefatalan ini terutama disebabkan sepeda motor tidak dilengkapi pelindung seperti kabin, pengendara hanya dilindungi dengan jaket dan helm saja serta perlengkapan lainnya.

Lebih memprihatinkan banyak pengendara yang mengabaikan perlengkapan mengendarai sepeda motor, banyak yang tidak menggunakan helm, jaket pelindung, sarung tangan ataupun sepatu sehingga bila terjadi kecelakaan dampaknya akan lebih parah.\

Sementara disiplin pengendara sepeda motor sangat buruk, tidak tunduk terhadap peraturan lalu lintas, khususnya di persimpangan jalan, berlawanan dengan arus, perlengkapan sepeda motor. Padahal hampir setiap kejadian kecelakaan didahului dengan pelanggaran lalu lintas.

Pelanggaran lalu lintas oleh pengendara sepedamotor  sudah sangat memprihatinkan
Jalur khusus

Salah satu jalan yang ampuh untuk menurunkan angka kecelakaan yang melibatkan sepeda motor adalah dengan menerapkan jalur khusus sepeda motor seperti sudah digunakan di Yokyakarta, Malaysia, Philipina dan beberapa negara lainnya.

Dengan jalur khusus sepeda motor ini friksi dengan kendaraan besar bisa dikurangi dan diharapkan angka kecelakaan bisa dikurangi secara signifikan. Menurut Global Road Safety Pernership /GRSP Malaysia dapat mengurangi sampai dengan 39 persen pada lintas yang dilengkapi dengan jalur Sepeda motor.

Jalur sepeda motor pantas untuk dikembangkan di Indonesia mengingat jumlah sepeda motor yang sangat tinggi dalam rangka menurunkan angka kecelakaan yang melibatkan sepeda motor yang tinggi. Pemerintah harus melakukan langkah untuk menyediakan ruang jalan serta anggaran untuk penyediaan jalur khusus sepeda motor.

Iskandar Abubakar /@iskandarabu