Angkasa Pura 2

Sekjen Kementerian Perhubungan Leon Muhammad:

Jabatan Suroyo Alimoeso Sebagai Dirjen Perhubungan Darat Diperpanjang

SDMRabu, 6 November 2013
29062012044

JAKARTA (beritatrans.com) – Suroyo Alimoeso dipastikan diperpanjang jabatannya sebagai Dirjen Perhubungan Darat. Sementara itu, delapan jabatan eselon I lainnya di Kementerian Perhubungan diharapkan dapat segera terisi.

“Berdasarkan informasi dari Bapak Menteri, Bapak Presiden menyetujui perpanjangan jabatan Bapak Suroyo Alimoeso,” ungkap Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, Leon Muhammad, menjawab pertanyaan beritatrtans.com, Rabu (6/11/2013) sore, soal masa pensiun Suroyo Alimoeso yang efektif mulai 1 November 2013.

Mengenai alasan perpanjangan jabatan tersebut, Leon Muhammad enggan membeberkan. “Yang pasti karena Bapak Menteri masih membutuhkan tenaga dan pikiran Pak Suroyo, karena memang banyak pekerjaan di Ditjen Perhubungan Darat yang membutuhkan penanganan oleh personel dengan kompetensi yang kuat seperti yang dimiliki Pak Suroyo,” jelas Leon.

Mengenai jabatan Dirjen Perkeretaapian, Inspektur Jenderal, Kepala Badan Litbang dan lima staf ahli, Leon mengutarakan Menteri Perhubungan sudah mengusulkan kepada Presiden SBY. “Hanya saja, memang masih dalam proses di tim penilai akhir yang dipimpin oleh Bapak Wakil Presiden. Kita mesti bersabar. Yang jelas, bila sudah ada keputusan dari Bapak Presiden, maka Bapak Menteri Perhubungan segera melantik,” ujarnya.

ESELON II & III
Seiringan dengan usulan diisinya delapan jabatan eselon I tersebut, Sekjen Kementerian Perhubungan mengutarakan maka mesti terjadi pergerakan di jajaran jabatan di bawahnya yakni eselon II dan III. “Insya Allah, Pak Menteri akan melantik pejabat eselon II dan III pada Jumat (8/11/2013). Pergantian atau mutasi jabatan untuk eselon II dan III ini memang merupakan domain dari otoritas Pak Menteri,” jelasnya.

Leon Muhammad mengemukakan Kementerian Perhubungan melakukan pergantian jabatan secara dinamis dan di antaranya tour of duty. “Upaya ini dimaksudkan agar pejabat tersebut tidak jenuh di satu tempat. Pada sisi lain, dinamisnya pergantian pejabat di domain otoritas menteri ini dimaksudkan agar wawasan pejabat lebih variatif lagi,” tegasnya. (agus w).