Angkasa Pura 2

Kapal Kargo Caraka Jaya Niaga III-16 Terdampar di Pantai Meneng, Banyuwangi

DermagaRabu, 6 November 2013
perahu-kandas-di-banyuwangi

BANYUWANGI (beritatrans.com) Kapal kargo Caraka Jaya Niaga III-16, terdampar di Pantai Meneng, Kelurahan Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi. Kapal tersebut, mengangkut 3.500 metrik ton semen.

Dari pantauan Beritatrans.com hingga Rabu (6/11/2013) kapal tersebut kandas sejak Selasa (5/11/2013) siang hari masih dalam posisi semula, belum ada yang menarik ke tengah.

Informasi yang dihimpun di lapangan menyebutkan, kapal besar itu akan bongkar muatan semen di Pelabuhan Tanjung Wangi Banyuwangi. Namun karena bocor di bagian buritan kapal sempat di evakuasi ke tengah laut. Selasa malam dengan 3 tugboat, kapal ditarik ke pantai. Ternyata sekitar jam 4 pagi tadi kapalnya karam. Bagian buritan tenggelam sekitar 12 meter.

Menurut Suhendi, warga setempat, pada Selasa malam sekitar 12 anak buah kapal sudah dievakuasi ke hotel.

Sementara itu, Kepala Administrasi Pelabuhan Tanjung Wangi Banyuwangi, Sri Sukaesih   menjelaskan, semen yang diangkut kapal kargo itu akan dikirim ke wilayah Indonesia timur. Ia menambahkan badan kapan yang tenggelam sekitar 30 sampai 40 persen.

Dia menyatakan, saat di tarik ke pantai tidak bisa masimal karena air sedang surut. Namun sudah diterjunkan dua penyelam untuk mengecek kondisi kapal yang diduga bocor. “Kami melakukan penambalan lubang yang diduga bocor dan saat ini tengah memanggil nakhoda dan ABK (anak buah kapal). (tifa/machda)

loading...