Angkasa Pura 2

Garuda Indonesia Buka Rute Penerbangan Langsung Jakarta – Osaka

KokpitJumat, 8 November 2013
Garuda-Indonesia

JAKARTA (beritatrans.com) – Garuda Indonesia kini membuka penerbangan langsung Jakarta-Osaka dengan pesawat terbaru Airbus A330-200 berkapasitas 222 penumpang, terdiri dari 36 kelas eksekutif dan 186 kelas ekonomi.

Penerbangan langsung  tersebut dilayani sebanyak 4 (empat) kali dalam seminggu, setiap hari Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu. Adapun jadwal keberangkatan dari Jakarta menuju Osaka (GA 888) pada pukul 01.00 (LT) dan akan tiba di Osaka pada pukul 09.55 (LT) Sedangkan jadwal keberangkatan dari Osaka menuju Jakarta (GA 889) pada pukul 12.00 (LT) dan akan tiba di Jakarta pada pukul 17.05 (LT).

“Rute baru yang resmi dibuka, Jumat (8/11/2013) akan melengkapi rute Denpasar – Osaka yang telah ada sehingga saat ini Garuda Indonesia terbang ke Osaka sebanyak 11 kali per minggunya,” jelas Direktur Layanan Garuda Indonesia, Faik Fahmi, Jumat (8/11/2013).

Selain ke Osaka, Garuda Indonesia saat ini juga menerbangai beberapa rute lainnya ke Jepang, antar lain Jakarta – Tokyo (Narita), Denpasar – Tokyo (Narita), dan Denpasar – Tokyo (Haneda), dan melayani 32 penerbangan tujuan Jepang setiap minggunya.

Menurut Fahmi,  pengembangan jaringan penerbangan ke Jepang ini merupakan bagian dari strategi pengembangan jaringan  penerbangan Garuda Indonesia di rute internasional, sesuai program Quantum Leap 2011 – 2015.

“Pasar Jepang merupakan pasar yang penting bagi Garuda Indonesia dan seiring dengan peningkatan perjalanan bisnis dan wisata antara kedua negara, maka Garuda Indonesia akan berusahan untuk terus memenuhi peningkatan permintaan tersebut,” jelasnya.

Sebagai bagian dari upaya peningkatan layanan, rute penerbangan baru ini juga dilengkapi dengan layanan “Immigration on Board” sehingga perjalanan antara kedua kota akan semakin nyaman.

Ia menambahkan, sebagai bentuk peningkatkan layanan terhadap segmen pasar Jepang, Garuda Indonesia saat ini juga memiliki awak kabin yang berasal dari Jepang yang siap untuk membantu para penumpang dalam hal kemudahan komunikasi pada saat memerlukan bantuan atau pun pelayanan selama dalam penerbangan.

Sementara itu, Vice Precident Corporate Communications PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Pujobroto mengemukakan, pada rute penerbangan tujuan Tokyo, Garuda Indonesia kini menggunakan armada B777-300ER,  yang memiliki layanan “First Class”, dan dilengkapi dengan fasilitas inflight  connectivity.

Melalui layanan tersebut, penumpang dapat menikmati layanan koneksi internet wifi serta layanan inflight entertainment “Live TV” yang terdiri dari enam channel internasional, yaitu CNN International, BBC World, BBC Arabic, NHK World Premium, Euronews, dan CNBC.

Garuda Indonesia, katanya, terus memperkuat jaringan penerbangan domestik dan mendukung program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI), mulai tanggal 3 Desember 2013 Garuda Indonesia juga akan mengembangkan rute-rute baru yang akan dilayani dari Denpasar yaitu Denpasar – Bima – Lombok – Denpasar dan Denpasar – Labuan Bajo – Ende – Labuan Bajo – Denpasar. Penerbangan rute-rute tersebut akan dilayani oleh armada baru Garuda Indonesia yaitu ATR72-600 yang akan mulai didatangkan pada bulan November ini dengan kapasitas kursi sebanyak 70 penumpang.

Selain itu, mulai 21 November 2013 mendatang, Garuda Indonesia juga akan melayani rute baru Makassar – Sorong- Manokwari – Jayapura, untuk meningkatkan konektifitas wilayah timur, menggunakan pesawat CRJ1000 terbaru.(awe/machda)