Angkasa Pura 2

Airbus Kalahkan Boeing Jual 1.265 Unit Pesawat

KokpitSenin, 11 November 2013
pabrik airbus

Jakarta (Beritatrans.com) — Pabrikan Airbus (EAD.PA) berhasil menjual 153 armada jet Oktober lalu. Penjualan itu mengungguli saingannya Boeing (BA.N). Dengan terjualnya 153 unit jet, menjadikan jumlah armada yang dijaual pabrikan pesawat komersial berbasis di Toulouse, Perancis ini sebanyak 1.265 pesawat tahun ini.

Bisnis baru didominasi oleh transaksi penjualan dua penerbangan yang sebelumnya setia membeli Boeing (BA.N), VivaAerobus maskapai Meksiko dan Japan Airlines (9201.T). Airbus dan Boeing memang bersaing ketat menjual pesawat terbaru mereka yang hemat bahan bakar.

Seperti dilansir reuters, Boeing memenangi persaingan itu tahun lalu (2012). Meski kalah menjual lebih banyak dari Airbus, Boeing diprediksi menjual armada pada Dubai Airshow bulan ini. Sebelumnya terungkap, pesawat Airbus dipesan hingga 1.215 unit dalam kurun waktu Januari-Oktober, sementara Boeing 955 unit untuk kurun waktu yang sama. Airbus telah melampaui target penjualan 1.000 unit sampai September.

Namun Manajemen Airbus mencatat anjloknya penjualan superjumbo A380, mereka masih menargetkan unit armada itu bisa terjual hingga 2015. Karenanya, markas EADS diharapkan bisa memperbarui produksi pesawat baru lengkap dengan target pesanannya.(yfent)