Angkasa Pura 2

Aset AP I Berkurang Rp30 Miliar

BandaraSelasa, 12 November 2013
juanda

Jakarta (Beritatrans.com) — PT Angkasa Pura I mengklaim kehilangan Rp30 miliar, yang merupakan nilai aset kepemilikan dari Bandara Juanda.

“Asetnya kurang dari Rp30 miliar. Yogya nanti ke angkatan udara, Surabaya di klaim AL,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Tommy Soetomo, di Kementerian BUMN, Jakarta, kemarin.

Namun, lanjut Tommy, ketika sudah resmi kepemilikan sepenuhnya oleh Angkatan Laut, AP I akan tetap menjadi operator sesuai dengan Peraturan Departemen Keuangan.

“Jadi nanti Juanda itu bukan sewa, menggunakan peraturan keuangan, seperti Ahmad Yani dapat pengelolaan berapa tahun, nanti diperpanjang, kita nyetornya ke pemerintah,” ujar dia.

Seperti diketahui, Menteri BUMN Dahlan Iskan akhirnya menyetujui lahan Bandara Juanda yang merupakan sebagai aset AP I diberikan kepada Angkatan Laut yang mengklaim memiliki sertifikat kepemilikan lahan Bandara Juanda tersebut.

Menteri BUMN tidak ingin adanya “ketegangan” antara BUMN dan Angkatan Laut. “Daripada menjadi tegang antara AP I dan AL, ya sudah kita kembalikan ke AL dan AP I akan gunakan hak pakai bandara saja,” kata Dahlan.(yfent)