Angkasa Pura 2

Garuda Indonesia Buka Rute Penerbangan Baru

KokpitKamis, 21 November 2013
Garuda Sayap

JAKARTA (beritatrans.com) – Sebagai bagian dari upaya untuk memperluas jaringan atau “network” penerbangan di rute domestik, serta untuk terus meningkatkan layanannya kepada para pengguna jasa, PT Garuda Indonesia membuka rute penerbangan baru Makassar – Sorong – Manokwari – Jayapura (vv) pada Kamis (21/11).

Rute penerbangan tersebut akan dilayani Garuda Indonesia satu kali setiap hari dengan pesawat Bombardier CRJ 1000 NextGen yang berkapasitas 96 penumpang, terdiri atas 12 penumpang di kelas Executive dan 84 penumpang di kelas Economy.

Penerbangan Makassar – Sorong – Manokwari – Jayapura dilayani dengan pesawat GA 698 yang berangkat dari Makassar pukul 03.00 LT dan tiba di Sorong pada pukul 06.15 LT, kemudian penerbangan dilanjutkan dari Sorong pukul 06.55 LT dan tiba di Manokwari pukul 07.45 LT. Penerbangan kembali berangkat dari Manokwari pukul 08.25 LT dengan tujuan akhir tiba di Jayapura pukul 09.40 LT.

Sementara penerbangan dari Jayapura – Manokwari – Sorong – Makassar dilayani dengan GA 699 yang berangkat dari Jayapura pukul 10.20 LT dan tiba di Manokwari pada pukul 11.35 LT. Penerbangan dilanjutkan dari Manokwari pukul 12.15 LT dan tiba di Sorong pukul 13.05 LT. Penerbangan kembali berangkat dari Sorong pukul 13.50 LT dengan tujuan akhir tiba di Makassar pukul 14.55 LT.

Pembukaan rute baru Makassar – Sorong – Manokwari – Jayapura (vv) diharapkan dapat mempermudah pengguna jasa, terutama wisatawan dan pebisnis untuk melakukan penerbangan menuju Sorong, Manokwari dan Jayapura. Selain itu penerbangan ini juga akan melengkapi pilihan bagi warga Papua untuk melaksanakan penerbangan antar kota di Papua yakni Sorong – Manokwari – Jayapura.

Direktur Pemasaran dan Penjualan Garuda Indonesia, Erik Meijer mengatakan bahwa rute-rute penerbangan baru ini merupakan bagian dari ekspansi jaringan penerbangan Garuda Indonesia, khususnya di wilayah Indonesia bagian timur.

“Layanan ini diharapkan dapat meningkatkan arus wisatawan dan pebisnis menuju Sorong dan Manokwari sehingga perekonomian dapat tumbuh dengan cepat di tiga kota yang dihubungkan tersebut,” ungkap Erik.

Selain memperkuat jaringan penerbangan domestik khususnya diwilayah Timur, pengoperasian rute baru tersebut juga sejalan dengan upaya Garuda Indonesia untuk mendukung program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

Untuk mengembangkan wilayah timur bagian selatan, mulai 3 Desember 2013, Garuda Indonesia juga akan mengembangkan rute-rute baru yang akan dilayani dari Denpasar yaitu Denpasar – Bima – Lombok – Denpasar dan Denpasar – Labuan Bajo – Ende – Labuan Bajo – Denpasar. Penerbangan rute-rute tersebut akan dilayani oleh armada baru Garuda Indonesia yaitu ATR72-600 yang akan mulai didatangkan pada bulan November ini dengan kapasitas kursi sebanyak 70 penumpang. (aliy)

loading...