Angkasa Pura 2

DAMRI Siap Operasikan 1.000 Truk Petikemas Layani Pelabuhan Tanjung Priok

KoridorMinggu, 24 November 2013
direktur utama perum damri -edit

JAKARTA (beritatrans.com) – Seiringan dengan melesatnya berbagai bisnis di pelayanan jasa transportasi darat, Perum DAMRI mulai memasuki bisnis di kawasan pelabuhan. Adalah Pelabuhan Tanjung Priok menjadi lahan selanjutnya bagi BUMN tersebut untuk ekspansi bisnis. Siap-siap investasi untuk mengoperasikan 1.000 truk kontener.

Rencana ekspansi sekaligus diferensiasi bisnis tersebut diungkapkan Direktur Utama Perum DAMRI Ir. H. Agus Suherman Subrata, MBA, kepada beritatrans.com berkaitan dengan HUT ke-67 DAMRI. “Kami siap melayani angkutan petikemas, baik dalam skema kerjasama dengan PT Pelabuhan Indonesia II atau kami melayani sendiri,” jelasnya, kemarin.

Dia menegaskan bisnis angkutan petikemas merupakan peluang usaha amat prospektif. Salah satu pertimbangannya adalah begitu tingginya laju pertumbuhan arus bongkar muat kontener di pelabuhan di Jakarta Utara tersebut. Demikian halnya dengan pelabuhan lainnya, seperti Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, dan Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

“Kami bisa melayani angkutan petikemas mulai tahun 2014 mendatang karena menyangkut kesiapan kami dalam pendanaan dan pengadaan truk kontener. Bisnis ini tidak akan mengganggu operator truk kontener eksisting. Kami hanya membidik sisa-sisa dari permintaan pasar yang belum diambil oleh operator lain,” tuturnya.

PENGADAAN TAHUN 2013
Pertimbangan untuk investasi mulai tahun 2014, Agus Suherman Subrata menegaskan karena pada tahun 2013 DAMRI sudah begitu ekspansif investasi, termasuk melayani tiga koridor busway di Jakarta. Pada tahun 2013, Perum DAMRI mengadakan 342 armada dengan nilai Rp392,4 miliar atau 114,8 persen dari anggaran. Selain itu, menggelar perbaikan/rekondisi 98 bus dengan nilai Rp14,4 miliar.

Pengadaan bus itu, dia mengutarajkab terdiri dari 43 bus aqrticulated high deck, 104 bus besar, 100 bus medium AC, 65 bus baru medium ekonomi, dan 30 mikrobus AC. “Alhamdulillah, pengadaannya sesuai dengan rencana. tepat waktu,” tuturnya. (aw).

loading...