Angkasa Pura 2

AirAsia Layani Rute Baru Bandung-Johor Bahru

KokpitSelasa, 3 Desember 2013
air

Johor Bahru (beritatrans) — Maskapai penerbangan murah AirAsia buka rute baru. Kali ini Bandung, Jawa Barat jadi tujuan penerbangan menuju Johor Bahru, Malaysia.

Diakui manajemen AirAsia, rute baru ini jadi layanan unik karena melayani rute langsung dari Bandung-Johor Bahru. Selain itu pilihan armada juga dengan pesawat besar, Airbus 320-200, dengan kapasitas 180 penumpang.

“Penerbangan QZ 151 ini adalah penerbangan yg unik. Sebab, saat ini adalah tepat 10 tahun kerja sama AirAsia dengan Senai International Airport, Johor Bahru, Malaysia,” ujar Chief Executive Officer of AirAsia Berhad Aireen Omar, saat peresmian rute baru di Bandara Senai International, akhir pekan lalu.

Sementara itu menurut Deputy Chief Executive Officer of Senai International Airport mengatakan AirAsia memiliki kontribusi yang tinggi terhadap jumlah pendatang di Johor Bahru. “Jumlahnya meningkat signifikan 600 ribu penumpang di bandara ini,” ujarnya.

Seperti dikutip dari data AirAsia, saat ini perusahaan tersebut mengoperasikan tiga rute menuju Johor Bahru, yakni Surabaya, Jakarta dan Bandung.

Sebelumnya AirAsia mengoperasikan rute Pekanbaru, Surabaya dan Denpasar, serta dua rute internasional menuju Singapura dan Kuala Lumpur dari Bandung dengan total 70 penerbangan per minggu.

Seiring dengan penambahan rute dan frekuensi tersebut, AirAsia Indonesia telah mengoperasikan 95 penerbangan per minggu dengan peningkatan kapasitas sampai dengan 29 persen mulai 1 Desember kemarin.

Rata-rata load factor penerbangan AirAsia Indonesai dari Bandung berkisar 80 persen dan hub di Jawa Barat ini merupakan kontributor pendapatan terbesar keempat setelah Jakarta, Denpasar, dan Surabaya.

Kini perusahaan tersebut mengoperasikan empat rute domestik menuju Medan, Pekanbaru, Surabaya dan Denpasar, serta dua rute internasional menuju Singapura dan Kuala Lumpur dari hub Bandung dengan total 70 penerbangan per minggu.(yfent)