Angkasa Pura 2

Menhub Minta Keamanan-Kenyamanan Bandara Jadi Budaya

BandaraRabu, 4 Desember 2013
soekarno_hatta_international_airport

JAKARTA (beritatrans.com) – Menteri Perhubungan EE Mangindaan minta petugas pengelola jasa badara harus meletakan keamanan dan kenyamanan sebagai prioritas. Pengelola Bandara Soekarno Hatta (Soetta) harus mampu membuat penumpang nyaman berada di bandara. Kuncinya, merubah sikap menjadi kebiasaan atau budaya.

Penegasan Menhub Mangindaan tersebut ditegaskan pada kampanye kampanye keselamatan udara atau Ramp Safety Campaign (RSC) 2013 di Bandara Soetta, Tangerang, Selasa (3/12/2013).

“Membersihkan runway (landasan kapal terbang) saja bagian dari keamanan. Jangan sampai ada yang mengganggu, membersihkan batu saja dapat membantu. Kita harus selalu memikirkan meningkatkan pelayanan keselamatan akan menumbuhkan budaya,” tandasnya.

Menurut dia, dalam perundang-undangan, setiap penyedia jasa pelayanan wajib memprioritaskan tentang sistem keselamatan. Karenanya, pengelola bandara harus melakukan evaluasi secara kersenambungan. Diharapkan dengan kampanye tersebut keselamatan akan meningkat. Pelanggaran yang selama ini terjadi harus dihilangkan.

“Kecelakaan menurun pasti. Kadang kita sudah atur saja, ada saja yang melanggar. Begitu kejadian, baru menyalahkan. Saya minta petugas tegas saja, jangan ada lagi menteri tak diperiksa. Saya tidak pernah ingin diprioritaskan. Pokoknya, tidak terkecuali, semua sama. Mindset, rutin dan bersinergi,” tuntasnya. (ridwan)