Angkasa Pura 2

92 Perlintasan Sebidang Jalur KA Tak Penuhi Syarat

EmplasemenRabu, 11 Desember 2013
ka

JAKARTA (beritatrans.com) — Direktur Keselamatan Perkeretaapian Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Hermanto Dwiatmoko mengungkapkan saat ini ada 92 perlintasan sebidang jalur kereta api belum memenuhi persyaratan.

Khususnya pada ketersediaan sumber daya manusia (SDM) untuk fungsi pengawasan. “Idealnya setiap perlintasan kereta api sebidang dijaga empat petugas,” tutur Hermanto, kemarin.

Adapun perlintasan sebidang yang dilintasi kereta rel listrik (KRL) pada wilayah daerah operasi (Daop) I, yaitu wilayah Jabodetabek, Sukabumi dan Merak, mencapai 175 jalur.

Ia menyebut pemerintah belum memiliki cetak biru (blue print) program pembangunan underpass maupun flyover di perlintasan sebidang kereta api. Rencananya akan dibahas dengan Dinas Perhubungan untuk pengembangan hingga 2018.

Investasi yang diperlukan untuk membangun setiap terowongan atau jalan layang membutuhkan dana sekitar Rp2 miliar. Sebelumnya, Kemenhub mengungkapkan sebanyak 618 perlintasan kereta api (KA) ilegal di Jawa dan Sumatera.

Tercatat ada 3.892 perlintasan resmi di Jawa dan 701 perlintasan resmi di Sumatera. Sebanyak 2.932 perlintasan resmi di Jawa tersebut belum memenuhi persyaratan untuk ketersediaan SDM untuk fungsi pengawasan. Sedangkan, perlintasan sebidang kereta api di Sumatera mencapai 496.(yfent)

loading...