Angkasa Pura 2

Bangun Kereta Super Cepat Jakarta-Surabaya, JICA Hibahkan Dana Rp70 T

EmplasemenRabu, 11 Desember 2013
kereta api super cepat

JAKARTA (beritatrans.com) — Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berupaya merealisasikan pembangunan kereta super cepat dengan rute Jakarta-Surabaya. ┬áKabarnya Jepang bersedia urun dana hibah hingga Rp70 triliun.

Kini, Kemenhub tengah mengkaji tiga rute yang akan dilalui kereta super cepat tersebut. “Kita tengah mengkaji tiga opsi rute yakni Jakarta-Surabaya melewati Cirebon dan Semarang. Lalu, Jakarta-Surabaya melalui Bandung, Cirebon dan Semarang. Kemudian, Jakarta-Surabaya melalui Cikarang, Bandung, Cirebon dan Semarang,” kata Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub) Bambang Susantono, Rabu (11/12).

Ia menjelaskan pengkajian tersebut harus dilakukan semaksimal mungkin untuk mendapatkan hasil yang tepat dalam merealisasikan pembangunan kereta super cepat tujuan Jakarta-Surabaya.

Jika sudah dapat direalisasikan, lanjut dia, pembangunan kereta supercepat ini tidak akan terhambat mengenai pembebasan lahan. Pasalnya, pembangunan dapat dilakukan di atas jalur rel ganda lintas utara yang sudah ada saat ini. “Mana yang paling pas lagi kita kaji.”

Dalam kesempatan itu, Bambang juga menyebut adanya kerjasama dengan Jepang melalui Jepang Internasional Cooperation Agency (JICA). JICA, kata dia, tertarik ikut membangun kereta api super cepat Jakarta-Surabaya dan menyatakan kesiapannya menghibahkan dana Rp70 triliun.

Seperti diketahui, rencana pembangunan kereta api super cepat Jakarta-Surabaya merupakan langkah pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional. Kereta dengan kecepatan maksimum mencapai 300 kilometer per jam itu diproyeksikan bisa memindahkan orang sejauh 730 kilometer dalam waktu tiga jam.(yfent)

  • pulungan

    boleh negara asing menawarkan ka cepat. ?
    .