Angkasa Pura 2

Menhub Pastikan Jepang Bersedia Bangun Kereta Api Cepat Jakarta-Surabaya

EmplasemenKamis, 12 Desember 2013
kereta-tercepat-01g

JAKARTA (beritatrans.com) — Jepang secara resmi telah menyatakan kesediaannya untuk ikut serta dalam proyek kereta api cepat dari Jakarta-Surabaya. Konsep dan rencana tersebut saat ini tengah digodok oleh Kementerian Perhubungan.

“Pembuatan konsep tersebut sudah berlangsung dan diperkirakan lebih mudah karena jalur Jakarta-Surabaya sudah memiliki double track (jalur ganda). Otomatis ini akan mempermudah pembangunan kereta cepat ini,” kata Menteri Perhubungan EE Mangindaan, di Jakarta, Rabu (11/12/2013).

Menurut dia, rencananya jalur kereta cepat ini akan dibangun elevated atau melayang di atas lahan kosong yang telah dibebaskan pemerintah untuk jalur ganda tersebut. Hal ini diharapkan akan mempermudah pembebasan lahan yang selama ini menjadi kendala dalam pembangunan infrastruktur.

Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono mengungkapkan, nilai proyek ini akan berkisar Rp60 triliun-Rp70 triliun.

“Untuk mendanai proyek ini, pemerintah akan dibantu dana hibah dari Jepang. Mereka telah setuju untuk membantu dan memberikan dana hibah untuk membiayai proyek tersebut,” kata Bambang.

Dia menambahkan, saat ini pihak Jepang sedang melakukan prastudi kelayakan mengenai pembangunan ini. Hal yang mungkin masih diperdebatkan adalah rute yang akan dilewati kereta ini.

Bambang menyebutkan, ada pilihan kereta ini mengambil jalur langsung dari Jakarta, Cirebon, Semarang, dan Surabaya. Pilihan rute kedua adalah melewati Bandung dari Jakarta sebelum akhirnya ke Cirebon, Semarang, dan berakhir di Surabaya.

Sementara opsi terakhir adalah Jakarta-Cikarang-Bandung-Cirebon-Semarang-Surabaya. Namun saat ini masih dilihat permintaan penumpangnya. (machda)

loading...