Angkasa Pura 2

Investasi Diperkirakan Rp1,29 Triliun

Tender Pembangunan Jalan Tol Medan-Binjai Bisa Dimulai 2014

KoridorJumat, 13 Desember 2013
tol

JAKARTA (beritatrans.com) — Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) berharap awal 2014, tender jalan tol Medan-Binjai bisa dilakukan menyusul pembebasan tanah yang diperkirakan sudah 75 persen juga tahun depan.

Menurut Kepala BPJT Achmad Gani Ghazali, saat ini memang pembebasan tanah masih nol persen. “Tapi, kami sudah mendapatkan izin dari PTPN II yang mempunyai sebagian besar tanah,” katanya, Jumat (13/12).

Ia menyebut izin untuk jalan tol sepanjang 15,8 kilometer ini, baru didapatkan secara lisan, dan tinggal menunggu izin tertulis. Diperkirakan biaya pengadaan tanah untuk ruas ini mencapai Rp259 miliar. “Untuk biaya investasinya diperkirakan mencapai Rp1,29 triliun,” katanya.

Sementara itu, Kasubdit Pengadaan Tanah Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum, Herry Marzuki, mengatakan direktoratnya sudah mengurus permasalahan tanah untuk tol ini sejak 2-3 tahun lalu.

Pembebasan tanah, kata dia, diharapkan selesai pada 2014, karena dari 15 kilometer panjang jalan tol ini, lahan sepanjang 12 kilometer adalah milik PTPN II.

PTPN II, lanjutnya, sudah menyatakan minat mereka untuk berinvestasi di ruas jalan tol ini. “PTPN mau ikut. Jadi, pada triwulan pertama 2014, tanahnya sudah bebas 12 kilometer. Tinggal mengurus sisa 4 kilometer milik masyarakat,” katanya.

Ditambahkan, untuk sisa tanah sepanjang 4 kilometer, halangannya tidak terlalu berat dan bisa diselesaikan Kementerian Pekerjaan Umum sejalan dengan proses lelang. (yfent)