Angkasa Pura 2

Menyebabkan Kemacetan di Pintu Masuk Tol

Transaksi Di Gerbang Tol Capai 3,2 Juta

KoridorJumat, 13 Desember 2013
tol

JAKARTA (beritatrans.com) — PT Jasa Marga Tbk menyatakan transaksi di gerbang tol wilayah Jabodetabek sudah melebihi kapasitas, jika dibanding jumlah kendaraan yang mampu dilayani perseroan.

Bahkan kelebihan kapasitas ini menyebabkan pelayanan di pintu masuk tol sangat padat. “Jumlah transaksi di gerbang tol Jabodetabek mencapai 3,2 juta transaksi setiap hari,” kata Direktur Operasi Jasa Marga, Hasanudin, Kamis (12/12).

Dijelaskan, kapasitas normal di gerbang tol sebenarnya hanya 2,4 juta transaksi. Kelebihan sebanyak 800 ribu transaksi itu, yang menurut dia, membuat kepadatan di pintu tol.

Dari 800 ribu transaksi tersebut, dia menjelaskan, sebagian besar berada di tol dalam kota Jakarta. Selain itu, volume to capacity (V/C) ratio atau rasio volume lalu lintas terhadap kapasitas jalan, yang seharusnya 0,8, saat ini sudah mencapai 1,4.

Dengan sistem penutupan pintu tol pada waktu tertentu, yang akan dilakukan mulai 16 Desember 2013, diharapkan V/C ratio akan berkurang menjadi 1,2 atau 1,1.

Sebetulnya, lanjut dia, ada tiga titik yang membuat kemacetan berat di kawasan Semanggi, Jakarta, yakni sekitar Plaza Semanggi dan halte bus serta pintu tol Semanggi I. “Saat ini, kami atasi dulu yang gerbang tol Semanggi I, sisanya nanti akan dikoordinasikan dengan Pemda DKI,” katanya.(yfent)

loading...