Angkasa Pura 2

Dengan Menutup Sejumlah Pintu Tol di Jakarta

Jasa Marga Antisipasi Pengalihan Penerbangan di Bandara Halim

KoridorSabtu, 14 Desember 2013
tol

JAKARTA (beritatrans.com) — Polda Metro Jaya dan PT Jasa Marga  mu;ai ujicoba penutupan satu pintu masuk dan tiga pintu keluar tol dalam kota, Senin (16/12).

Uji coba itu berlangsung di pintu masuk Tol Semanggi I pada sore hari, serta pintu keluar Tegal Parang (Mampang), Bukopin (Pancoran), dan di pintu keluar RS Dharmais (Slipi).

Menurut Corporate Secretary PT Jasa Marga David Wijayatno, ujicoba penutupan di dua pintu keluar tol dalam kota yakni pintu keluar Tegal Parang (Mampang) dan Bukopin (Pancoran), pada pagi hari yakni mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB, untuk mengantisipasi berpindahnya beberapa penerbangan komersial dari Bandara Soekarno-Hatta ke Bandara Halim Perdana Kusuma.

Hal itu dilakukan mengingat dengan digunakannya Bandara Halim PK untuk penerbangan komersil, maka akan mengakibatkan kemacetan parah di sekitar Cawang hingga Kuningan. ”Ini kami lakukan juga untuk mengantisipasi hal itu, di samping memang kemacetan di sana terjadi setiap pagi,” kata David.

Menurut dia, saat dua pintu keluar itu ditutup, maka kendaraan dari arah Jagorawi, Jakarta-Cikampek dan Tol Tanjung Priok, yang akan menuju Pancoran atau Kuningan dan bertumpuk di tol dalam kota maka bisa keluar melalui Pintu Keluar Tol Cawang atau UKI untuk kemudian melalui jalan nontol.

“Atau bisa juga keluar di Gerbang Tol Semanggi, kemudian putar balik ke arah Kuningan atau Pancoran di bawah Jembatan Semanggi,” katanya.

Jasa Marga berharap rekayasa lalu lintas ini mengurangi kepadatan di sekitar wilayah di pintu keluar tersebut hingga Cawang baik di dalam tol dalam kota maupun di jalur reguler.

Berbagai upaya rekayasa lalu lintas yang dilakukan pihaknya dengan pihak kepolisian ini diharapkan efektif dan berjalan baik sehingga bisa dilakukan permanen. “Kami dan kepolisian nantinya akan mengevaluasinya untuk melihat apakah hal ini diteruskan atau tidak,” ujarnya.(yfent)

loading...