Angkasa Pura 2

Terkait Penambahan Rute Malang-Jakarta-Malang

Sriwijaya Air Tunggu Rekomendasi Lanud Abdurrahman Saleh

KokpitMinggu, 15 Desember 2013
sriwijaya air

MALANG  (beritatrans.com) — Maskapai penerbangan Sriwijaya Air masih menunggu rekomendasi dari Lanud Abd Saleh, Malang terkait penambahan jadwal penerbangan (flight) rute Malang-Jakarta-Malang.

Diakui District Manager Sriwijaya Malang M. Yusrie Hansyah, secara informal dirinya memperoleh informasi bahwa slot time 07.45 rute Malang-Jakarta bisa digunakan dan masih kosong, namun perlu mendapatkan jawaban tertulis dari Lanud Abd. Saleh.

“Lanud masih dinas ke luar kota, namun saya perkirakan sebelum 20 Desember sudah terbit rekomendasi tersebut,” kata Yusrie di Malang, akhir pekan lalu.

Untuk perizinan dari Jakarta, sudah tidak ada masalah. Slot time dari Bandara Cengkareng pada pukul 05.45 dipastikan akan diperoleh, begitu pula dari Kementerian Perhubungan.

Karenanya, diperkirakan realisasi penambahan flight rute Malang-Jakarta dijadwalkan pada 20 Desember, bersamaan dengan dimulainya angkutan liburan Natal dan Tahun Baru.

Menurut Yusrie, penambahan flight tersebut, selain untuk mengantisipasi membeludaknya permintaan penerbangan rute Malang-Jakarta pada liburan Natal dan Tahun Baru, juga karena permintaan dari pelanggan.

Pelanggan maskapai tersebut menginginkan ada penerbangan pagi, melengkapi penerbangan pukul 08.40, 12.30, dan 14.40 dengan pertimbangan agar di Jakarta masih pagi dan bisa langsung mengikuti kegiatan hari itu juga.

Hal itu bisa terjadi karena pelanggan maskapai tersebut terutama dari kalangan instansi pemerintah dan perguruan tinggi dengan proporsi 60% dan sisanya pengusaha, wisatawan, maupun keluarga.

Pertimbangan lain, karena load factor penerbangan rute Malang-Jakarta cukup bagus, yakni 90% dari seat yang tersedia sebanyak 147 seat per pesawat dengan tiga kali penerbangan.(yfent)