Angkasa Pura 2

IPW Desak Kapolri Tuntaskan Kasus Korupsi Kapal Lingkar di Sulawesi Tenggara

DermagaSelasa, 17 Desember 2013
NETA S PANE

JAKARTA (beritatrans.com — Ketua Presidium Ind Police Watch, Neta S Pane meminta Komisi III DPR-RI mendesak komitmen Kapolri Sutarman dalam pemberantasan korupsi harus ditagih lagi. Sebab, upaya pemberantasan korupsi di daerah yang dilakukan Polda dan Polres sepertinya tetap jalan di tempat.
“Contohnya, Polda Banten, selama ini tak pernah terdengar menangani kasus korupsi, tapi setelah KPK mengungkap, publik menjadi kaget, ternyata begitu banyak dugaan korupsi di Banten,” jelas Neta S Pane di Jakarta, Senin (16/12/2013).
Begitu juga di Polda Sultra, terutama di Polres Wakatobi, tegasnya, banyak dugaan kasus korupsi yang dilaporkan masyarakat menjadi tak jelas nasibnya. Salah satu contoh kasus Korupsi Kapal Lingkar dengan laporan Nopol: LP/ 98/VII/2010 SATRESKRIM POLRES WAKATOBI, yang sudah hampir dua tahun mandeg dan bupatinya seakan tak tersentuh Polres.
“Indonesia Police Watch (IPW) menilai, ada indikasi penyidik kepolisian sengaja tidak mengembangkan kasus ini agar tidak menyentuh “ke atas”. Hanya PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) saja yang ditahan,” ujarnya.
Sedangkan, Kadis Kelautan Perikanan, Bupati Wakatobi, dan kontraktor, tambah Neta, tidak tersentuh sama sekali oleh Polres. Padahal, pengadaan kapal tesebut merupakan penunjukan langsung, dan kontaktornya adalah adik ipar Bupati Wakatobi.
Proses kasus korupsi seperti ini ternyata cukup banyak terjadi di daerah. Untuk itu Kapolri Sutarman perlu mencermatinya, dengan cara kasus-kasus korupsi yang terjadi di kabupaten jangan diproses Polres, tapi diproses Polda.
Sementara kasus-kasus korupsi di Polda ditarik ke Bareskrim Polri. Tujuannya agar tidak terjadi dugaan kolusi antara penyidik dengan tersangka dan agar kasusnya bisa cepat dituntaskan. Jika kasus-kaasus korupsi di daerah bisa diproses polisi dengan cepat, rakyat tentunya akan kian percaya pada Polri dan Kapolri Sutarman akan dipercaya bisa merealisasi janjinya.(machda)