Angkasa Pura 2

Merpati-Pemkab Musi Banyuasin Jalin Kerjasama Pelatihan & Pendidikan Penerbangan

SDMRabu, 18 Desember 2013
Merpati 2

PALEMBANG  —  Maskapai penerbangan Merpati Nusantara Airlines melalui Merpati Training Centre dan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan menjalin kerjasama bidang pelatihan dan pendidikan penerbangan.

“Merpati siap mendidik dan melatih putra-putri terbaik Kabupaten Musi Banyuasin (MUBA) untuk disiapkan menjadi tenaga kerja yang profesional dalam dunia penerbangan,” jelas Direktur Operasi Merpati Capt. Daryanto usai acara penandatanganan naskah kerjasama dengan Bupati Musi Banyuasin, Pahri Azhary, di Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, kemarin.

Hadir dalam acara penandatanganan kerjasama tersebut Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Musi Banyuasin, Ir. H. Uzer Effendy dan Ardiansyah, Direktur PT. Muba Sarana, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang bergerak di bidang penyediaan sarana dan infrastruktur di Kabupaten Musi Banyuasin.

“Merpati  mendapatkan kepercayaan dari Pemkab Musi Banyuasin, untuk menyelenggarakan pelatihan Initial Flight Operation Officer (FOO). Kepercayaan itu kita tuangkan dalam Nota Kesepahaman antara Merpati dengan pemerintah kabupaten Musi Banyuasin, yang berlaku selama 5 tahun dan dapat diperpanjang sesuai kesepakatan kedua belah pihak,” jelas Daryanto.

Menurut dia, Merpati memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada Kabupaten Musi Banyuasin untuk mengembangkan sumber daya manusianya untuk menjadi tenaga ahli di bidang penerbangan dengan menggunakan fasilitas dan tenaga instruktur di Merpati Training Center yang sesuai dengan standar dan Persyaratan dari Civil Aviation Safety Regulation (CASR) dan Direktorat Perhubungan Udara.

Selain itu, tambahnya, Merpati mengupayakan penyaluran maupun penempatan kerja sebagai tenaga Flight Operation Officer (FOO) apabila ada kebutuhan pegawai untuk formasi FOO dan memenuhi kualifikasi Merpati bagi peserta Pelatihan FOO yang dinyatakan lulus sebagai siswa terbaik.

Adapun tempat dan pelaksanaan pelatihan sebagaimana dimaksud diatas dilaksanakan di fasilitas MUBA Sarana untuk Ground Training dan dilaksanakan di fasilitas Merpati untuk On Job Training (OJT) danFamilirization Flight (FF).

Sementara itu, Bupati Musi Banyuasin, Pahri Azhary, mengatakan kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan dan menjalin hubungan kerjasama yang didasari keinginan kedua belah pihak untuk mewujudkan sinergi antara Pemda Kabupaten Musi Banyuasin dengan Merpati.

Peran Merpati Training Centre sebagai penyelenggara pendidikan dan pelatihan penerbangan sudah dikenal dengan baik di Indonesia, katanya, diharapkan mampu mewujudkan peningkatan kualitas SDM pada bidang penerbangan dan dapat mengoptimalkan pemanfaatan fasilitas Bandara Sekayu yang berkedudukan di Kabupaten Musi Banyuasin kedepannya.

‘Saat ini Kabupaten Musi Banyuasin memiliki jumlah penduduk yang cukup besar sekitar 560 ribu orang dan memiliki sumber daya alam yang luar biasa. Kalau minat dan permintaan dari masyarakat tinggi untuk menggunakan jasa penerbangan, tidak tertutup kemungkinan kami akan buka frekwensi penerbangan Merpati dari dan ke Bandara Sekayu ini,” jelasnya.

Pahri berharap kehadiran Merpati nantinya akan  semakin meningkatkan  mobilitas dan perekonomian masyarakat  sekaligus juga  membawa semakin banyak anggota masyarakat Indonesia mengunjungi Kabupaten Musi Banyuasin. (awe/machda).

 

loading...
Terbaru
Terpopuler
Terkomentari