Angkasa Pura 2

2014, Ada 5 Ruas Tol Baru Dioperasikan Jasa Marga

KoridorJumat, 20 Desember 2013
pemanfaatan bahu

JAKARTA (beritatrans.com) — PT Jasa Marga merencanakan operasional tol baru menyusul minimnya operasional serupa tahun lalu. Melalui anak perusahaannya, Jasa Marga diprediksi akan mengoperasikan lima ruas tol baru sepanjang 47,3 Km tahun depan.

Ruas tol baru ini belum termasuk dari ruas tol yang dibangun operator tol lainnya, dikutip dari situs Jasa Marga, Jumat (20/12), kelima ruas tol tersebut yakni Jakarta Outer Ring Road West 2 (JORR W2 Utara) Ruas Kebon Jeruk-Ulujami sepanjang 7,07 Km.

Lalu ada tol Bogor Outer Ring Road (BORR) Ruas Kedunghalang-Kedungbadak 2 Km, kemudian Semarang-Solo Ruas Ungaran-Bawen sepanjang 12,3 Km, dan Gempol-Pandaan sepanjang 12 Km. Gempol-Pasuruan Ruas Gempol-Rembang sepanjang 13,9 Km.

Penambahan tol ini harapannya bisa mengurai arus kendaraan, misalnya Jalan Tol JORR W2 Utara tersebut sudah dioperasikan penuh (tahun depan), maka secara keseluruhan akan menghubungkan 5 ruas tol yang sudah beroperasi, yaitu Jakarta-Cikampek, Jagorawi, Jakarta-Serpong, Jakarta-Cikampek dan Tol Sediyatmo (Bandara Soekarno-Hatta).

“Dengan beroperasinya JORR W2 Utara ini juga diperkirakan akan mengurangi kepadatan Tol Dalam Kota Jakarta sekitar 30%. Karena kendaraan dari arah Bekasi dan Bogor yang akan menuju Bandara atau Tangerang dan sebaliknya, tak perlu lagi melintas di Tol Dalam Kota Jakarta,” demikian penjelasan manajemen Jasa Marga.

Selain itu, keberadaan Jalan Tol Bogor Ring Road yang akan beroperasi sampai dengan Kedungbadak pada 2014, diperkirakan akan mengurangi kepadatan kendaraan yang dari arah Yasmin yang akan menuju Jakarta melalui Jagorawi. (yfent)

loading...